Dari Total Dari 4.586 Daftar Tunggu Calon Haji di Sinjai, Hanya 234 Orang yang Akan Diberangkatkan Tahun ini

oleh
Jemaat haji sinjai
Calon jemaat haji sinjai

Sinjai, suaralidik.com – Sabar.. Itulah yang harus dilakukan warga Kabupaten Sinjai yang ingin naik haji. Hingga 2018 masih ada 4.586 jamaah yang masih mengantri.

Melihat daftar tunggu haji yang mencapai jumlah tersebut, berarti butuh sekitar 19-20 tahun lagi warga yang sudah mendaftar untuk pergi menunaikan ibadah Rukun Islam kelima itu. Lamanya penantian keberangkatan haji disebabkan setiap tahun calon haji (calhaj) bertambah.

Kapala Kantor Kementerian Agama Sinjai H.Abd Hafid M. Talha saat memberikan bimbingan manasik haji dibebeberapa kesempatan mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan masa tunggu calon jamaah haji semakin lama. Seperti semakin banyaknya peminat haji, sedangkan kuota haji ditetapkan Kerajaan Arab Saudi jumlahnya tetap.

“Dari 4.586 daftar tunggu calhaj, ada 234 jamaah yang akan diberangkatkan tahun ini sesuai kuota Kabupaten Sinjai,” katanya.

Mereka masuk dalam kelompok terbang (kloter) 9 dengan penggabungan dengan Kota Makassar dan Propinsi Maluku Utara yang akan diberangkatkan pada Sabtu malam (22/7/18) menuju Asrama Haji Sudiang Makassar.

Adapun rincian jumlah CJH yang berangkat yakni saru Kecamatan Sinjai Utara 69 orang, Sinjai Timur 29 orang, Sinjai Selatan 43 orang, Tellulimpoe 37 orang, Sinjai Tengah 11 orang, Sinjai Borong 17 orang, Sinjai Barat 15 orang, Bulupoddo 5 orang dan Kecamatan Pulau IX 8 orang. (***AaNd)