Data THL “Kabur” Yasti Berang

oleh
Bupati Bolmong Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow
Photo : Bupati Bolmong Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow

BOLMONG, Suaralidik.com – Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, berang alias marah besar terhadap kinerja sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Bolmong. Pasalnya,  jelang akhir tahun 2018 ini hasil kinerja dari beberapa OPD menurun drastis, dan belum sepenuhnya memenuhi target.

Rapat evaluasi kinerja yang digelar di lantai II kantor Bupati, top eksekutif Bolmong ini menanyakan satu-persatu kepada masing-masing pimpinan  OPD terkait dengan serapan anggaran maupun program kerja.

Namun, apa yang terjadi, para pimpinan OPD tersebut malah kebinggungan menjawab pertanyaan dari orang nomor satu di Bolmong ini. Sejumlah OPD itu diantaranya, DPMD, BKPP, BKD, Disperindagkop, Disnakertrans, Dinkes dan Satpol-PP. Menurut Yasti, pimpinan OPD harus tau persis setiap program kerja. Jangan hanya duduk diruangan dan menyerahkan sepenuhnya tugas kepada bawahan.

“Masing-masing kepala OPD harus berinovasi dan berkreasi. Kalau tidak mampu nanti diganti,” kata Yasti. Selain itu, Bupati Yasti meminta kepada masing-masing OPD untuk dapat menyiapkan data tenaga harian lepas (THL). Hal ini dilakukan, karena disinyalir data THL menjadi penyebab kebocoran anggaran daerah. “Saya minta ke BKD untuk membuka semua rekening SKPD. Saya akan lihat berapa anggaran pengeluaran untuk THL,”ungkapnya.

Menurut Yasti, perekrutan THL harus berdasarkan perhitungan dan pertimbangan dengan melihat kondisi keuangan daerah. Seluruh OPD jangan sembarangan menerima tenaga kontrak. Kalau itu terjadi, PNS kerjanya apa. “Jadi, mulai saat ini SK pengangkatan atau penerimaan tenaga kontrak harus saya yang tandatangan,”bebernya.

Bupati menambahkan, pekan depan akan dilakukan lagi evalusi kinerja. Setiap pimpinan OPD harus memaparkan capain hasil kinerjanya. Kalau tidak warning untuk kalian. “Minggu depan termasuk camat akan dievaluasi. Dan saya tidak mau dengar lagi ada pimpinan OPD yang tidak menjawab,”tandasnya. (***is)