Debat Kandidat Paslon Bupati-Wabup Bolmut di Jaga Ketat, Warga Dibatasi Masuk Lokasi

oleh
Tiga Pasangan Calon Bupati-Wabup Bolmut Mengikuti Debat Kandidat

BOLMUT. Suaralidik.Com – Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sukses menggelar Debat Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut periode 2018-2023, namun sejumlah warga yang ingin menyaksikan langsung debat kandidat melalui pemaparan visi dan misi serta melihat lebih dekat apa-apa yang menjadi persoalan didebat kandidat, mendapat sorotan.

Tiga Pasangan Calon Bupati-Wabup Bolmut Mengikuti Debat Kandidat

Pasalnya, warga yang ingin menyaksikan langsung pemaparan visi-dan misi hanya dibatasi dan yang memiliki kartu anggota saja yang bisa masuk. Pun demikian tidak semuanya yang masuk, hanya bisa diwakilkan dengan jumlah 100 orang setiap kandidat.
“Ini kegiatan hanya beradu argumentasi didepan para panelis maupun pemangku kepentingan. Seharusnya kegiatan itu, di saksikan langsung oleh seluruh warga Bolmut. Jangan dibatasi hanya orang-orang tertentu yang sarat dengan kepentingan, “kritik sejumlah warga yang meminta untuk tidak di sebutkan mnama-nama mereka.
Kegiatan yang digelar di halaman Kantor KPU Bolmut ini Senin (26/03/2018), dihadiri oleh 3 Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut, Pasangan Nomor 1 Karel Bangko dan Arman Lumoto, Pasangan Nomor 2 Depri Pontoh dan Amin Lasena, Pasangan Nomor 3 Hamdan Datunsolang dan Murianto Babay.
Ketua KPU Bolmut, Faisal Husin SPd yang membuka jalannya debat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan debat kandidat ini merupakan agenda besar KPU sehubungan dengan Pilkada 27 Juni 2018 mendatang.
“Kegiatan ini merupakan agenda besar KPU dan untuk hari ini adalah debat putaran pertama yang akan berlangsung kedepan dalam dua putaran, kami himbau masyarakat yang hadir untuk menjaga kondusifitas Debat sehingga terwujud Pilkada damai,” ujar Husin.
Debat kandidat pertama ini, dihadiri Panwas kabupaten, Forpimda, Partai pengusung dan pendukung, para relawan.
Debat yang mengusung tema Memaksimalkan potensi Sumber daya dalam memaksimalkan kesejahteraan Masyarakat ini melibatkan empat Panelis ahli di bidangnya masing-masing seperti Dr Wilson Bogar MSi, Ir Arthur Pinaria, DR Ritnolda Jamaludin, MSi dan DR Ir John Budiman MSi MSc.
Debat dikemas dalam tiga segmen, Segmen pertama dengan memaparkan Visi dan Misi Calon.
Dalam pemaparan Visi dan Misi, Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 1 memaparkan visi dan misi Menuju Masyarakat Bolmut Adil dan Berkecukupan.
Pasangan nomor urut 2 memaparkan Visi dan Misi Mewujudkan Masyarakat yang Berbudaya dan Berdaya Saing.
Sementara itu, Paslon Nomor 3 memaparkan Visi dan misi Bolmut Padi Inovativ Berkecukupan Adil dan Berbudaya.
Pelaksanaan Debat ini dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten Bolmut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Satgas Anti Money Politik, Pendukung Paslon dan undangan lain.(Sube)