Demam Berdarah Hantui Warga Desa Bulalo Gorut

oleh -
Fiti K. Rahim
Foto : Kades Bulalo, kecamatan Kwandang, kabupaten Gorut, Fiti K. Rahim,(foto TR/04/Suara Lidik).

GORUT, Suaralidik.com – Warga desa Bulalo kecamatan Kwandang, kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mulai was-was dengan penyakit Demam Berdarah. Pasalnya baru-baru ini 6 warga desa Bulalo terindikasi terserang penyakit mematikan tersebut.

“Tiga minggu yang lalu 6 Warga kami teridentifikasi terkena DBD. Kami pihak pemerintah desa sudah melaporkan hal ini ke Dinas Kesehatan Kabupaten Gorut. Dan pihak Dikes telah melakukan penanganan pada kasus ini,” ujar Kepala Desa (Kades) Bulalo Fiti Rahim saat ditemui media ini ditempat kerjanya, Jumat 07/02/2019.

“Pihak Dinas Kesehatan telah melakukan fogging (pengasapan). Semetara masyarakat dan pemerintah desa mengadakan pembersihan untuk mengatasi wabah DBD yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut,” sambung Fiti.

“Harapan kami buat masyarakat adalah bagaimana kita memberantas sarang nyamuk tersebut agar desa Bulalo  bebas dari wabah demam berdarah. Karena bukan hanya kali Demam Berdarah menyerang warga desa Bulalo, sebelumnya juga kasus ini ada,” tambah Fiti.

Bagian Seksi surveilans Dan Imunisasi Dinas Kesehatan Gorut Hidayat S.Km saat dimintai tanggapannya melalui via telepon membenarkan, bahwa pihak Dinas Kesehatan  Gorut telah melakukan fogging di desa Bulalo.

“Untuk desa Bulalo sendiri kurang lebih 10 orang yang terindikasi, kami telah melakukan fogging di desa Leboto dan Bulalo. Selain itu juga kami melakukan sosialisasi DBD berjenjang turun ke Puskesmas-Puskesmas maupun melayangkan surat himbauan agar puskesmas merespon untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat, apalagi musim ini musim DBD,” terang Hidayat.(TR/04).

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60