Desa di Sinjai Sabet Empat Piala di Ajang Lomba Desa

oleh

SINJAI, Suaralidik.com – Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai meraih penghargaan dalam penilaian lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan piala, piagam dan hadiah perlombaan Desa dan Kelurahan, perlombaan bumdes berprestasi, serta perlombaan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun Anggaran 2017, belangsung di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan. Senin (21/08/17).

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Dengan semangat kerja bersama kita wujudkan pemerintahan Desa dan Kelurahan yang inovatif dan akuntabel menuju masyarakat yang lebih maju, mandiri dan sejahtera”.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan “Kebahagian kita dihari kemerdekaan ini dilengkapi dengan ditetapkannya Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, sebagai juara 1 nasional regional III Tahun 2017”.

Lanjut Syahrul “Prestasi ini adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat terhadap Desa yang memiliki tingkat kemajuan dan perkembangan yang sangat tinggi dibidang pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Capaian ini sekali lagi menjadi bukti bahwa Provinsi Sulawesi Selatan adalah daerah yang tidak hanya memiliki kemajuan peningkatan secara makro, tetapi kemajuan tersebut dirasakan oleh masyarakat sampai ditingkat yang lebih mikro yakni di Desa”. Jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar, yang didampingi sejumlah jajarannya nampak bahagia saat menerima penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur.

“Ini patut disyukuri sebagai anugerah Tuhan atas segala perjuangan, upaya kerja keras antara pemerintah daerah dan desa, beserta segenap warga masyatakat sinjai dalam menjuarai lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, dan juara 1 tingkat Nasional. Ini membuktikan bahwa tingkat partisipasi dan kegotongroyongan masyarakat desa masih tinggi khususnya di Desa Batu Belerang,” katanya Usai menerima penghargaan.

Tak lupa, Andi Fajar mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh SKPD yang terlibat sehingga penghargaan tersebut mampu di raih Desa Batu Belerang.

Atas prestasi juara 1 tersebut, maka Desa Batu Belerang berhak membawa pulang 4 (empat) Piala sekaligus, 1 piala tetap tingkat Nasional yang sebelumnya di terima di Hotel Mercuri Ancol Jakarta, 2 piala bergilir dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan berupa perlombaan pembangunan Desa dan perlombaan PKK tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, 1 piala lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, piagam penghargaan dan hadiah berupa uang sebanyak 100 juta dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain Desa di Kabupaten Sinjai, beberapa Kabupaten dan Kota, yang meraih penghargaan diantaranya, Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Selayar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kota Pare-Pare, Kabupaten Toraja Utara, Kabupaten Enrekang, dan Kota Palopo.