Desa Karumpa Kep Selayar Dengan ADD Terbesar 1,8 M Siap Bangun Desanya Diberbagai Sektor

oleh
Desa Karumpa
Desa Karumpa, Benteng kepulauan selayar

Suara Lidik Kepulauan Selayar,– Desa Karumpa di Pulau Karumpa, Kecamatan Pasilambena adalah Desa terluar di wilayah pemerintahan Kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat, dibuktikan dengan penggolontoran Anggaran Dana Desa (ADD) terbesar tahun ini dari semua Desa, yang bersumber dari APBD dan APBN, Tahun anggaran 2017, sebesar 1,8 Miliyar lebih.

Desa Karumpa sama Desa Desa lainnya dalam membangun Wilayahnya melalui potensi Desa dari berbagai sektor, diantaranya Sektor Pertanian/Peternakan, Perikanan/Kelautan maupun sektor Pariwisata.

Desa Karumpa, Benteng
Kepala Desa (Kades) Karumpa. Nurla, sewaktu ditemui di Kantor Perwakilan Desa Karumpa, Benteng, Selasa (21/3/17)

Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Karumpa. Nurla, sewaktu ditemui di Kantor Perwakilan Desa Karumpa, Benteng, Selasa (21/3/17). Desa Karumpa yang berpenduduk 2186 Jiwa dari 527 KK dan 1100 lebih Wajib pilih, berdasarkan data terahir, tahun 2016 lalu

Dikatakan membangun Desa Karumpa dari sektor Pertanian dengan Lima komoditi andalan diantaranya, Kacang Ijo, Jambu Mente, Ubi Kayu serta Pisang. Kacang Ijo misalnya petani Desa Karumpa dalam satu tahun mencapai hasil produksi antara 80 – 100 ton pertahun. Sementara produksi jambu mente, dalam satu tahun mencapai antara 50 – 70 Ton pertahun.

Lain lagi dengan produksi tanaman Ubi Kayu dan dikproses menjadi Gaplek, masyarakat petani Ubi Kayu yang hanya ditekuni sekitar 270 Kepala Keluarga (KK) dari 527 KK Desa Karumpa, mampu memproduksi Gaplek antara 20. 000 – 30. 000 Kaleng pertahun. Selain itu produksi produksi Pisang mencapai antara 1000 – 1200 ikat perbulan

Kata Kades Karumpa, Nurla, dari seluruh hasil pertanian warga Desa Karumpa untuk pemasaran produksinya, sangat muda selain para pedagang datang langsung ke Pulau Karumpa juga para petani menjual langsung baik ke Selayar maupun ke Surabaya atau NTT. Juga disampaikan bahwa Desa Karumpa dengan Tiga Dusun, yakni Dusun Umbosi, dusun Alitee dan Dusun One Sawengka, masing masing menghasilkan komoditi tertentu.

Sementar itu potensi perikanan, warga Desa Karumpa juga memanfaatkan potensi kelautan/perikanan yang ramah lingkungan dan mampu menghasilkan ikan kering serta pengelolan ikan hidup.

Kades Karumpa, Nurla, diahir penyampaiannya bahwa potensi kelautan yang dimiliki sangat sangat berpotensi untuk pengelolaan bidang Kepariwisataan, yang dekat dari pulau kakabia, Pulau terluar wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.(rid)