Desa Lero Adakan Musdes, RPJM Tahun 2019 – 2025

oleh -

Pinrang, suaralidik, com – Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, melaksanakan musyawarah desa dan pengkajian keadaan desa dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) Tahun 2019 – 2025

Musdes ini dipimpin oleh Kepala Desa Lero H. Muh. Amin dengan pembawa acara Sekdes Ihsan, S.Pd. Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua BPD Desa Lero Andi Patarai Noor, para Pendamping desa Tehnik dan Infrastruktur Muh.Yusuf, ST, Karman, Babinkantibmas Bripka Rafilman, Kantibmas Serka Abd Rasyid para kepala Dusun Desa Lero, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga.

Dalam Musdes diusulkan beberapa kegiatan yang akan dikerjakan pada tahun 2019. Kepala Desa H. Muh. Amin mengatakan bahwa hasil ketetapan kegiatan 2019 desa Lero merupakan buah usulan dari peserta rapat yang mengusulkan kegiatan berdasarkan kebutuhan atau yang dianggap sangat prioritas. Selain itu kades yang baru menjabat di priode ini mengatakan bahwa semua usulan warga tersebut sudah termuat dalam dokumen RPJM desa.

” Untuk Kegiatan 2019 berdasarkan kesepakatan dalam rapat, warga menginginkan pembangunan jalan rabat beton dan beberapa pembangunan lainnya serta pelatihan ” Ujar H. Amin.

RKP Desa  adalah penjabaran dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun anggaran.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa menyatakan bahwa Pemerintah Desa dapat mengusulkan kebutuhan pembangunan desa kepada pemerintah daerah kabupaten/kota. Usulan kebutuhan pembangunan desa tersebut harus mendapatkan persetujuan bupati/walikota. Usulan tersebut harus dihasilkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa. Jika pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota menyetujui usulan tersebut, maka akan dimuat dalam RKP Desa tahun berikutnya.

” DU-RKP Desa adalah singkatan dari Daftar Usulan RKP Desa. DU-RKP Desa adalah penjabaran RPJM Desa yang menjadi bagian dari RKP Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang akan diusulkan Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah” Ungkap Muh .Yusuf, ST. yang juga salah satu pendamping desa. (MLP)