Desa Saotanre Sinjai Tengah Sukses Adakan Kegiatan MTQ Tingkat Dusun Dalam Bulan Ramadhan 1438 H

oleh
Lomba MTQ Desa Saotanre Sinjai
Malam Penutupan Lomba MTQ Tingkat Dusun se-desa Saotanre kecamatan Sinjai tengah kabupaten Sinjai, Minggu (11/6)

Suara Lidik Sinjai,- Desa Saotanre kecamatan Sinjai Tengah kabupaten Sinjai terhitung aktif dan sukses sebagai pelaksana kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang merupakan sebuah festival pemuliaan kitab suci umat Islam (Al-quran) dalam bulan suci Ramdhan 1438 H, Minggu (11/6).

Lomba MTQ Desa Saotanre Sinjai
Malam Penutupan Lomba MTQ Tingkat Dusun se-desa Saotanre kecamatan Sinjai tengah kabupaten Sinjai, Minggu (11/6)

MTQ yang di ikuti oleh 60 peserta dari 5 (lima) dusun di desa Saotanre Sinjai Tengah bertemakan ” Jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam pembangunan di segala bidang” yang bermakna mengajak seluruh ummat Islam agar menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam bertindak Khususnya dalam bidang pembangunan.

Hasil pantuan suaralidik.com, Kegiatan Lomba yang berlangsung selama 4 malam berturut-turut sejak hari Kamis (8/6) hingga hari Minggu (11/6) malam semua dipusatkan di Mesjid AL-MU’MININ yang terletak di dusun Haru Desa Saotanre Kecamatan Sinjai Tengah dengan melibatkan dewan juri sebanyak 8 (delapan) orang yakni Muslimin,Baco.s,Muh.Yasin,Muh.Alwi,Haderah,Naderah,Rabiah dan Husna.

Kepala Desa Saotanre Andi Sulaiman yang dikonfirmasi langsung di lokasi kegiatan berlangsung mengatakan kalau pada dasarnya kegiatan lomba MTQ ini mengajak dan melatih anak-anak sampai orang dewasa untuk lebih bisa mengenal cara mengaji yang baik dan benar serta bisa lebih berani tampil di depan orang banyak.

Kegiatan seperti ini bisa membuat anak-anak kita lebih percaya diri untuk tampil di depan orang banyak, selain itu mereka bisa lebih mengenal dan mengajak berbuat baik atau berahlak baik kepada kedua orang tua maupun kepada orang lain dalam dalam lingkungan sosialnya ” jelas Sulaiman, Minggu (11/6)

Di tempat yang sama, Sulaiman selaku kepala desa juga mengungkapkan kalau Desa Saotanre menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) senilai 10 juta rupiah untuk kelangsungan kegiatan ini ditambah dengan partisipasi warga berupa konsumsi (Kue dan air minum) ala kadarnya.

Usai kegiatan Lomba MTQ berlangsung, Kepala Desa Saotanre menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua warga masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi dan meramaikan kegiatan rohani ini dalam bulan suci Ramadhan 1438 H.

Dalam acara penutupan Sulaiman juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua panitia terutama kepada Ketua Panitia Pelaksana yaitu Zainal Abidin bersama dewan juri yang banyak terlibat selamat kegiatan berlangsung. (Andi Basri / Bcht)