Dewan Perwakilan Daerah dan Orang SULSEL

oleh -3 views

SUARALIDIK.COM – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (disingkat DPD RI atau DPD), sebelum 2004 disebut Utusan Daerah, adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum.

Awal pekan ini, sejarah baru DPD, memiliki 136 Anggota yang baru dilantik, dan telah memilih 3 petinggi baru: La Nyalla Mattalitti, utusan Jawa Timur, terpilih sebagai Ketua DPD, 2019-2024 melalui voting, didampingi oleh tiga Wakil Ketua: Nono Sampono, utusan Maluku; Mahyudin, utusan Kalimantan Timur; dan Sultan Bachtiar Najamudin, utusan Bengkulu. 

Yang menarik bagi saya adalah Ketua DPD yang baru terpilih, La Nyalla sebagai orang Bugis, kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959, 60 tahun, ponakan Prof. Dr. M. Hatta Ali, Ketua Mahkamah Agung.

Sebelum La Nyalla, dalam sejarah DPD sudah ada 3 orang keturunan Bugis-Makassar yang pernah menjadi petinggi DPD, Bapak M. Aksa Mahmud, Wakil Ketua MPR mewakili DPD; Alm. AM. Fatwa, Ketua Badan Kehormatan DPD, 2012-2017; dan Oesman Sapta Odang, Ketua DPD.

Semoga La Nyalla Mattalitti didampingi oleh tim kerja yang profesional dan tidak tergoda oleh broker-broker politik dan pengusaha yang dapat merusak nama La Nyalla. Selamat bertugas Pak La Nyalla.

M. Saleh Mude, Kontributor Suara Lidik.com Jakarta