Di Hari Kemerdekaan, 38 Warga Binaan Rutan Bantaeng Mendapatkan Remisi

oleh

 

SUARALIDIK.com,BANTAENG- Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 Tahun 2016, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar Upacara Pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) , tak terkecuali di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bantaeng, Rabu ( 17/8/2016).

Sebagaimana diketahui, Remisi merupakan hak yang telah diatur secara tegas dalam Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Di Rutan Bantaeng, Remisi diberikan kepada 38 Narapidana ( Napi) termasuk Napi Anak yang selama ini telah menunjukkan kelakuan baik, bahkan 3 diantaranya di bebaskan.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Bantaeng, Wakil Bupati H. Muh.Yasin yang membacakan sambutan seragam Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, menyebutkan bahwa pemberian remisi tersebt merupakan komitmen pemerintah dalam upaya pemberdayaan WBP.

” Warga Binaan Pemasyarakatan merupakan bagian dari Warga Negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi. Penghormatan dan pemenuhan hak-hak tersebut harus tetap diperjuangkan, salah satunya adalah dengan mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana ( Remisi )” ungkap Muh. Yasin.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng, Muhammad Ishaq menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak memberi label negarif kepada para Narapidana, agar kelak Napi dapat bergabung dan berbaur serta berkumpul kembali dengan keluarga dan masyarakat.

Dalam Upacara pemberian remisi kepada WBP ini, turut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Kabupaten Bantaeng, Sekda Bantaeng Abdul Wahab, Ketua DPRD H.Sahabuddin, Ketua GOW Hj.Aisyah Yasin, Ketua DWP Vinka Nandakasih serta para pimpinan SKPD lingkup pemerintah Kabupaten Bantaeng

Sumber : Humas Pemkab Bantaeng
Editor : Andi Awal-SuaraLidik