Di Pastikan 18 Perda Dari 21 Ranperda Ditetapkan Jadi Perda Kabupaten Toraja Utara

oleh
Kabag Hukum Setda Torut, Rosalina Doky ( ISt)/SUARALIDIK

SUARALIDIK.com,TORAJA UTARA- Terkait Kerja-kerja Pemda Toraja Utara dengan DPRD Torut dalam pembahasan dengan legislasi  dalam TA 2016 ini dapat dipastikan dari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sebanyak 21 yang dibahas, ada 18 ditetapkan menjadi  Peraturan Daerah (Perda).

Hal  tersebut dapat diketahui dengan adanya data pengklasifikasian dari 21 Ranperda tersebut di Bagian Hukum Setda Toraja Utara.

Kabag Hukum Setda Toraja Utara, Rosalina Doky, mengatakan pada SuaraLidik. com, Minggu (23/10), bahwa dalam tahun anggaran 2016 ini ada 21 Ranperda yang dibahas, tapi  baru 18 yang bisa ditetapkan menjadi Perda, dan yang 3 Ranperda terbawah pembahasannya tahun anggaran 2017 mendatang.

Sudah ada 3 Ranperda yang telah ditetapkan menjadi Perda,  2 Ranperda yang telah dievaluasi dan telah memperoleh nomor registrasi dari Gubernur Sulsel” urai Rosalina

Kabag Hukum Setda Torut, Rosalina Doky ( ISt)/SUARALIDIK
Kabag Hukum Setda Torut, Rosalina Doky ( ISt)/SUARALIDIK

Kemudian, lanjut Rosalina, 5 Raperda juga telah mendapat persetujuan bersama antara DPRD dan Bupati  Torut dan masih dalam proses evaluasi dari Provinsi Sulsel, dan  8 Ranperda  yang akan disetujui oleh DPRD dengan bupati.

Masih  ada 3 Ranperda yang pembahasannya akan berlanjut di Tahun Anggaran 2017. Ke 3 Ranperda yang dimaksudkan itu adalah Ranperda tentang rencana detail tata ruang dan peraturan zonasi kawasan perkantoran Misa’Ba’bana.” sebut Rosalina.

Kemudian Ranperda tentang perubahan status kelurahan menjadi lembang dan Raperda tentang urusan pemerintahan kabupaten Torut.

Ketika ditanya tentang berapa Ranperda inisiatif DPRD tahun anggaran 2016 ini? Rosalina menyebutkan, ” Ranperda usulan inisiatif DPRD Torut hanya satu, yaitu Ranperda tentang penyelenggaraan  pendidikan,”

REPORTER ; lisna

REDAKSI ; suaralidik.com- andi awal

 


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama