Dialog Publik DPRD Bulukumba Bertema Legislatif Hadir Berbagi Untuk Prestasi

oleh

BULUKUMBA,SURALIDIK.com- Forum Pemuda Kreatif Bulukumba ( Fodatib ) bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Bulukumba dan Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Bulukumba menyelenggarakan Dialog Publik bertema Legislatif Hadir Berbagi Untuk Prestasi, Kamis (25/8/2016) bertempat di RM dan Warkop Mattoanging Bulukumba sekitar pukul 14.50 WITA.

Hadir sebagai Narasumber dalam dialog publik tersebut diantaranya Ketua DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki, Fahidin HDK ( anggota DPRD/Ketua Komisi D) dan A.Makkasau Kr.Lompo ( Ketua KONI Bulukumba ) dan dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda,Tokoh Olahraga dan LSM serta beberapa orang atlet Bulukumba.

dialog publik DPRD Bulukumba terkait prestasi olahraga
Dialog Publik DPRD Bulukumba bertema Legislatif Hadir Berbagi Untuk Prestasi di RM.Mattoanging, Kamis (25/8/2016) – DOK.SUARALIDIK

Dalam penyampaiannya, Hamzah Pangki selaku Ketua DPRD mengatakan Olahraga di Kabupaten Bulukumba selama 5 ( Lima) tahun terakhir ini seakan mati suri, dan diharapkan dengan dilantiknya kepengurusan KONI yang  baru, olahraga di Bulukumba akan kembali menggeliat.

DPRD sebagai fungsi penganggaran akan memusatkan anggaran ke KONI untuk pembinaan atlet di Bulukumba serta kedepan DPRD akan meningkatkan anggaran untuk olahraga di Kabupaten Bulukumba ” Ujar Hamzah Pangki yang melihat Bulukumba merupakan gudang atlet dan diharapkan pada 2021 Kabupaten Bulukumba siap menjadi tuan rumah Porda Sulsel.

Sementara, Ketua KONI Bulukumba, A.Makkasau Kr.Lompo mengatakan bahwa banyak hal yang perlu diperhatikan dalam peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Bulukumba dengan peran serta pemkab Bulukumba. Makkasau Kr.Lompo juga mengisyaratkan dalam pembinaan atlet diperlukan dukungan regulasi dalam sisi pembiayaan , infrastruktur maupun keinginan dan harapan pelaksana ( tekhnis )

DPRD telah menganggarkan dalam menghadapi pra Porda dan Porda untuk mencari bibit-bibit atlet berprestasi namun yang belum dilaksanakan oleh Pemkab Bulukumba maupun KONI dalam pencariaan atlet yaitu identifikasi even atlit, pembinaan yang berjenjang, pemberdayaan semua jalur pembinaan dan skala prioritas serta¬† belum adanya penetapan standar kualitas,investasi dan implementasi tekhnologi “ ujar Makkasau.

Makkasau Kr.Lompo juga menambahkan bahwa selama ini belum pernah ada Reward atau penghargaan bagi atlet Bulukumba yang berprestasi sehingga hari ini di Bulukumba tidak ada regenarasi atlet.

Salah seorang mantan atlet, Ilham dari cabang olahraga Pencak Silat menyampaikan bahwasanya di Bulukumba tidak ada pembinaan atlet sehingga Kabupaten Bulukumba disetiap perhelatan minim prestasi dan Ilham juga meminta kepada KONI Bulukumba untuk membentuk Pengurus IPSI karena Bulukumba pernah menjadi juara umum pada Porda.

Senada dengan Ilham, pengurus Percasi ( Percatuan Catur ) Bulukumba menyampaikan bahwa catur pernah mengangkat nama Bulukumba dalam perolehan medali pada Porda maka Percasi juga meminta perlunya KONI memperhatikan Cabang Olahraga Catur.

Adapun penyampaian dari Ketua Komisi D Bulukumba, Fahidin yang mengatakan bahwa potensi olahraga di Bulukumba pada dasarnya cukup menggembirakan, terbukti dalam setiap event olahraga, masyarakat Bulukumba sangat antusias namun saat ini belum adanya pengelolaan yang baik dari KONI. “Perhatian pemerintah kepada atlet Bulukumba belum menggembirakan, diharapkan KONI punya data terkait atlet -atlet yang berpotensi dan perlu adanya sinergi antara KONI dengan Program sekolah untuk memperoleh atlit dari usia dini dan terlebih peran serta pemerintah dalam olahraga yang sangat utama demi lahirnya atlet-atlet yang berprestasi ” ujar Legislator PKB tersebut.

Dalam diskusi publik tersebut didapat kesimpulan antara lain kepengurusan KONI yang baru adalah koordinasi dengan cabor terutama Pencak silat dan Catur yang saat ini banyak menyumbang medali emas, serta baik KONI,DPRD maupun Pemkab akan mengumpulkan kembali atlet maupun mantan atlet yang berprestasi untuk dilakukan pembinaan kembali dan akan dibentuk bapak angkat untuk tiap-tiap cabang olahraga dari instansi/perusahaan yang ada di Bulukumba sebagai tempat pembinaan.

Diskusi Publik Legislatif hadir berbagi untuk prestasi ini turut didukung SuaraLidik.com sebagai media partner bersama KNPI,Perbakin Bulukumba, Pemuda Pancasila, IMI cabang Bulukumba dan Fodatib Phinisi sport Bulukumba.

Editor : Andi Awal-SuaraLidik