Diangkat Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini Oleh Kemenhub RI, Ini Tanggapan Ellya

oleh -0 views
Suasana pengangkatan Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini

Lampung Tengah, Suaralidik.com – Ellya Lusiana Loekman diangkat menjadi Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) Kabupaten Lampung Tengah oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Dalam program tersebut, Ellya Lusiana adalah bunda SALUD kedua secara nasional di Indonesia, setelah sebelumnya dicanangkan di Provinsi Riau.

Ellya dalam sambutannya mengatakan, melalui program SALUD ia akan mengajak genarasi muda di Lamteng, mulai dari usia Paud hingga SMA untuk mengerti terkait peraturan lalu lintas.

“Dengan adanya program ini (SALUD), kami akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, tujuannya memberikan pembelajaran tentang berlalu lintas, keselamatan saat berkendara. Sasarannya sejak usia dini hingga remaja,” kata Ellya Lusiana Loekman.

Istri Bupati Loekman Djoyosoemarto itu menambahkan, program sosialisasi yang segera dibuat oleh pihaknya yakni, memberikan pembelajaran ilmu kelalulintasan kepada seluruh guru Paud se-Lampung Tengah.

“Melalu guru-guru di sekolah, mereka yang akan kita berikan pelatihan tentang kelalulintasan, setelah itu, para guru itu yang akan memaparkan ke murid-murid,” ujarnya.

Tak hanya itu, Pemkab Lamteng juga akan membuat taman lalu lintas yang akand dipusatkan di Kecamatan Gunung Sugih. Saat ini, untuk pembuatan lahan taman lalu lintas, tinggal menunggu dana dari Kemenhub untuk pembangunannya.

Rahman selaku Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah VI Bengkulu-Lampung mengatakan, ditujukannya Lamteng sebagai wilayah kedua program SALUD, dikarenakan majunya program pelayanan yang dilakukan oleh Dishub Lamteng.

“Kenapa kita (Kemenhub) menujuk Lamteng sebagai daerah kedua di Indonesia yang menggelar program SALUD ini, salah satunya dikarenakan banyaknya program pelayanan Dishub Lamteng dijalankan melalui program-program inovatif selama ini,” ujar Rahman.

Ia berharap, dengan adanya Bunda SALUD di Lamteng, dapat menularkan kesadaran berlalu lintas untuk daerah lainnya, baik di Provinsi Lampung, maupun provinsi di seluruh Indonesia.

Pada kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara dan pengukuhan Bunda SALUD di BBC Hotel Bandar Jaya, Selasa (20/8/2019), dilakukan juga pemberian penghargaan kepada lima siswa pelopor keselamatan berlalu lintas.

Kadishub Syukur Kersana berharap, para siswa dapat menjadi duta untuk teman-teman mereka di sekolah, kususnya terkait keselamatan berkendara dan ketertiban di jalan raya.(***elisa)