Diduga Berasal dari Perusahaan, Sampah Penuhi Ruas Jalan Jalintim Sungai Lilin

oleh -18 views
Foto : Tampak Sampah berserakan dipinggir jalintas Sungai lilin kab. Muba sumatera selatan

MUSI BANYUASIN, Suaralidik.Com – Kemasan sampah mewarnai ruas jalan Jalintim Sungai Lilin tepatnya di Desa Srigunung, Kecamatan sungai Lilin, Kabupaten Muba provinsi sumatera selatan.

Fenomena miring ini sudah berlangsung  beberapa pekan terakhir. Banyak warga yang sengaja membuang sampah dijalur itu. Hal ini pun disayangkan oleh UPT Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, kamis (3/1/2019).

“Kita sudah melihat langsung banyak sampah yang dibuang dipinggir jalan lintas. Kita sangat menyayangkan dengan kondisi ini,” jelas Taufik SH staf UPT DLH Sungai Lilin.

Dijelaskan oleh Taufik pihaknya dalam waktu dekat akan mengambil tindakan dengan mengirimkan petugas untuk membersihkan sampah yang berserakan. Ia menduga bukan masyarakat umum yang membuang sampah disana.

UPT DLH Sungai Lilin menduga bahwa pelaku pembuang sampah sembarangan berasal dari lembaga seperti KUD ataupun perusahaan. Sampahnya kebanyakan bekas karung.

Taufik mengharapkan kepada lembaga ataupun perusahaan yang hendak membuang sampah jangan dibuang sembarangan dipinggir jalan lintas seperti itu. Sebaiknya membuang sampah di TPA.

“Kita sudah ada TPA silahkan dibuang kesana jangan dibuang sembarangan dipinggir jalan seperti itu karena membuat suasana jadi tidak enak dipandang mata,” tambahnya.

Hal senada juga dijelaskan oleh Sudir salah satu pengguna jalan. Menurutnya jangan lah sampah dibiarkan berserakan dipinggir jalan seperti itu karena merusak pandangan mata.

Meskipun lokasi pembuangan itu tidak ada tempat tinggal penduduk namun sangat disayangkan karena menjadi tempat pembuangan sampah,” pungkasnya.(***adi)