Diduga Malpraktek, RSUD Bolmut Bakal Di Polisikan

oleh -

Foto : RSUD Bolmut,(foto istimewa).

BOLMUT, SuaraLidik.com – Diduga malpraktek, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bakal dilaporkan keluarga pasien ke Polsek Bolangitang.

Keluarga pasien Zaid Baba (34), kepada wartawan Suaralidik.com melalui via telepon, Rabu 19/06/2019 menuturkan, kejadian ini bermula saat pasien atas nama Wana (20) warga Desa Jambusarang, Kecamatan Bolangitang Barat meninggal dunia saat menjalani operasi sesar di Rumah Sakit tersebut.

“Kejadian ini bermula saat pasien akan melakukan persalinan di rumah sakit pukul 09.00 wita, pada Selasa 18 Juni 2019. Pasien ini di operasi, setelah operasi terjadi pendaharan dan saat itu tidak tersedia kantong darah.”tutur Zaid.

“Adapun penindakan ternyata tidak ada koordinasi antara dokter dengan pihak lab untuk penyediaan kantong darah. Kepada pihak keluarga pun tidak diberi tahu perihal berapa kantong darah yang harus disediakan,”sambung Zaid.

Permintaan darah, lanjut Zaid, terjadi setelah selesai proses operasi. Sementara di Bolmut tidak ada PMI atau tempat penampung darah, sehingga pihak keluarga harus mencari stok darah di daerah Gorontalo.

“Saat kami keluarga mencari stok darah, pasien langsung dirujuk ke RSUD Dunda Limboto Gorontalo. Baru di Kwandang, pasien sudah dinyatakan meninggal dunia. Kami pun menyesalkan kejadian ini, dan menuding telah terjadi kesalahan prosedur dalam penindakan operasi tersebut,”tegas Zaid.

Dirinya berharap, kedepannya RSUD Bolmut bisa lebih jeli dalam menyikapi persoalan penindakan terkait dengan prosedur yang akan dijalankan, karena ini berkaitan dengan nyawa pasien.

“Untuk langkah selanjutnya, keluarga akan melaporkan hal ini ke ranah hukum agar mendapat keadilan dan dengan harapan tidak akan terulang lagi di kemudian hari,”ujar Zaid.

Menanggapi hal ini, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bolmut dr. Winny Sowikromo, melalui Humas Grace Lasama, S. Kep, yang ditemui awak media ini diruang kerjanya mengatakan, jika pihaknya telah bertindak sesuai standar prosedur yang berlaku

“Kami sudah bertindak sesuai prosedur, sebelum operasi sudah dilakukan pemeriksaan dan pasien dalam keadaan stabil. Adapun pada bulan ini sudah ada 124 pasien yang di operasi sesar, dan alhamdu lillah semuanya aman terkendali.”terang Grace.

“Untuk masalah ini, selanjutnya kami belum bisa memberi keterangan lebih lanjut terkait hal-hal prinsip karena terikat kode etik Rumah Sakit. Nanti besok akan dilaksanakan audit dari Dinas Kesehatan Bolmut, yang selanjutnya hasil audit itu akan dibuka ke publik,”tutup Grece Lasama,(***Chan).