Diduga Melanggar Pidana Pemilu, PDIP Siap Beri Bantuan Hukum Kepada IA

oleh -196 views
Foto : Wakil Ketua DPC PDIP Kabgor, Sahmid Hemu,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – PDIP menyatakan siap memberikan bantuan hukum kepada Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang diduga melanggar tindak pidana pemilu, tak terkecualai caleg DPRD Kabupaten Gorontalo (Kabgor) Dapil Limboto/Limboto Barat Irfan Angge.

Menurut wakil ketua DPC PDIP Kabgor Sahmit Hemu, pihaknya telah mendapatkan perintah dari DPP agar memberikan bantuan hukum kepada IA, untuk menyelesaikan perkara pemilu yang saat ini membelenggu dirinya.

“Dirakernas kemarin, hal ini saya sudah sampaikan kepada ketua DPP, dan Ibu ketua memerintahkan partai untuk memberikan bantuan hukum kepada Pak Irfan Angge. Ini sudah kita keordinasikan dengan DPD karena bantuan hukum bagi pelanggaran pemilu ada pada DPD.”ujar Sahmit Hemu kepada awak media, Senin 14/01/2019.

Pihaknya juga mengatakan dalam tubuh partai, setiap kader wajib diberikan pembelaan oleh partai.

“Sebagai kader wajib dibela oleh partai, namun pembelaannya sesuai prosedur yang berlaku, dan bila itu sudah tak bisa ditolerir kami rasa pak Irfan Angge memahami itu karena beliau tokoh berjiwa besar.”kata Sahmid yang saat ini menjabat ketua DPRD Kabgor.

Terkait permaslahan yang menimpa IA, Sahmid selaku wakil ketua DPC sempat diundang oleh Bawaslu untuk dimintai keterangan.

“Saya dimintai klarifikasi oleh bawaslu terkait visi partai sudah sesuai dengan yang tertera dibaliho pak IA. Yang jelas visi misi partai PDIP, berjuang untuk kesejahteraan rakyat. Untuk menterjemahkan hal itu dikembalikan ke masing-masing individu calon.”jelas Sahmid.

Bawaslu juga, lanjut Sahmid, sempat mempertanyakan, apakah yang dilakukan oleh IA sudah berkeordinasi dengan DPC.

“Secara kebetulan hal ini tidak sempat dilakukan oleh saudara IA karena munkin kesibukannya. Terkait rekrutmen caleg, kami mengacu pada rujukan SK 025 2018 terkait penjaringan dan pebyaringan calon Anggota DPRD.”tutup Sahmid Hemu.(***Rollink).