Diguyur Hujan Semalam, Sejumlah Desa Di Bolmut Tergenang Banjir

oleh -135 views
Foto : Banjir melanda beberapa desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulut

Bolmut, Suaralidik.Com, Hujan yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sejak Kamis malam hingga Jum’at pagi (01/02) menyebabkan sejumlah desa berdampak banjir.

Diantara desa yang berhasil dipantau reporter media ini adalah Desa Nunuka, Kecamatan Bolangitang Timur dan Desa Dalapuli Timur, yang ada di Kecamatan Pinogaluman.

Dian Lauma, salah seorang warga Desa Nunuka, kepada awak media ini mengatakan jika banjir yang terjadi akibat derasnya hujan yang diikuti luapan air sungai di desa.

“Desa Nunuka selalu jadi langganan banjir, kali ini belum tergolong parah karena air baru setinggi lutut orang dewasa. Namun beberapa rumah yang ada di titik-titik rawan sudah kemasukan air, dan bila hujan tak kunjung reda maka tidak mungkin desa ini akan tenggelam seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya kami memohon penanganan segera dari pemerintah setempat,”ucap Lauma

Kondisi serupa terjadi di Desa Dalapuli Timur. Luapan air sungai menjadikan desa ini tergenang banjir dan menghambat aktivitas warga sekitar.

” Penyebab utamanya karena luapan air sungai di desa ini. Hingga kini kami hanya bisa pasrah sembari berharap hujan cepat reda. Pun harapan kami kepada pemerintah daerah agar melakukan upaya pencegahan terkait banjir ini, dengan membuat tebing pengaman sungai agar desa ini dan sekitarnya tidak lagi menjadi langganan banjir,”ujar Mat Uber, salah seorang warga Dalapuli Timur yang berhasil diwawancarai media ini.

Hingga berita ini diterbitkan, upaya konfirmasi kepada Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmut Drs. Musliman Datukramat, M. Si terus dilakukan, namun nomor telepon 0813 5690 xxxx miliknya dalam keadaan tidak aktiv. (***chan)