banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Diikuti 50 Siswa, SMPN 3 Makassar Laksanakan ANBK Dalam Tiga Sesi

Kepala UPT SPF SMPN 3 Makassar, Drs. Kaswadi, M.Pd.

Makassar, SuaraLidik.com – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tingkat SMPN yang dilaksanakan secara nasional berlangsung selama 2 hari, mulai Senin dan Selasa (19-20) September 2022.

Salah satu sekolah yang mengikuti ANBK di Kota Makassar, yaitu SMPN 3 Makassar.

Kepala UPT SPF SMPN 3 Makassar, Drs. Kaswadi mengatakan bahwa, tujuan dilaksanakannya ANKB ini untuk pemetaan kompetensi siswa dari segi kemampuan Literasi dan Numerasi. Kemudian, untuk melakukan survei lingkungan belajar di sekolah.

“Jadi saya kira ini memang tujuannya untuk memetakan bagaimana pendidikan di setiap sekolah, di setiap daerah dan secara nasional,” ujar Kaswadi, saat ditemui diruangan priabdinya, Selasa (20/09/2022).

Selain itu, ia pun menjelaskan bahwa ANKB berlangsung selama 2 hari, yang diperuntukan oleh siswa kelas VIII yang sudah di sampel oleh Kemendikbud dan berlangsung dalam tiga sesi.

Untuk setiap sesinya, Kaswadi mengungkapkan dimulai pukul 07.30 – 09.30, lalu dilanjutkan di sesi kedua pukul 10.40 – 12.50 dan terakhir sesi ketiga pukul 14.20 – 16.30.

“Untuk masing-masing sesi diikuti oleh 15 peserta dan 5 cadangan, jadi total 50 peserta,” jelas Kaswadi.

Mengenai pengawas ruangan sendiri, Kaswadi menyampaikan kami silang dengan sekolah lain. Kebetulan yang bertukar dengan SMPN 3 yaitu SMPN 24 Makassar. “Dengan harapan, dengan disilangnya pengawas ini, pelaksanaannya betul-betul secara objektif, serta menjaga ada hal-hal yang tidak kita inginkan,” sambungnya.

“Harapan kami dalam pelaksanaan ANBK, dimana siswa yang menjadi sampel ini, tentunya bisa mengerjakan soal dengan baik, sesuai apa yang ia rasakan, apa yang ia ketahui tanpa ada intervensi dari orang lain. Sehingga hasil yang mereka dapatkan, merupakan hasil yang benar-benar valid sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa,” tutupnya.