Pemkab bantaeng

Diikuti Ratusan Peserta, Kadisdik Sulsel Membuka Lomba HUT Kemerdekaan RI yang ke-77

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg, Membuka Perlombaan Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, di Kantor Disdik Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10, Tamalanrea, Kota Makassar, Selasa 16 Agustus 2022.

Makasssar, SuaraLidik.com – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-77, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan berbagai perlombaan, Selasa (16/08/2022).

Ratusan peserta ASN dan Non ASN Lingkup Disdik Sulsel ambil bagian dalam 7 cabang lomba yang memperebutkan puluhan hadiah dan tropi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Setiawan Aswad, M. Dev, Plg yang membuka kegiatan ini membakar semangat peserta lomba dengan meniru semangat para pejuang Kemerdekaan Indonesia 77 tahun yang lalu.

Tujuh puluh tujuh tahun yang lalu, kata Setiawan Aswad, tepatnya dua hari, kemarin dan hari ini, terjadi peristiwa bersejarah. Saat itu, ada dua kubu pejuang yang saling bersitegang, yaitu kubu kaum muda dan kaum tua.

Kaum muda menginginkan segera bertindak untuk memproklamasikan kemerdekaan, sementara kaum tua masih menunggu momen yang tepat, seperti janji Jepang untuk memerdekakan Indonesia.

“Saat itu terjadi ketegangan yang luar biasa, hampir adu otot setelah adu otak,” kata Setiawan.

Karena kaum muda yang diwakili Sutan Syahrir dan Sukarni terpaksa menculik kaum tua, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta, yang kita kenal dengan peristiwa Rengasdengklok.

Setiawan Aswad menginginkan semangat kaum muda dan kebijakan kaum tua dari para perjuangan Proklamasi Kemerdekaan itu diperlihatkan dalam lomba dalam rangka perayaan HUT RI ke-77 tahun ini.

Nampak para peserta yang berlomba pada setiap cabang lomba jatuh bangun untuk mengejar kemenangan. Tidak hanya cabang futsal, tapi juga pada cabang lomba tarik tambang, lari karung serta lomba lari kelereng dan lari memasukkan paku di botol.

“Seru dan menegangkan. Tapi yang penting senang dan gembira,” ungkap Kasubag Umum, Kepegawaian dan Hukum, Muhammad Hazairin, SH, MH.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Sulsel, Harpansa mengaku senang dan gembira menyaksikan peserta lomba yang antusias bertanding dan saling mengalahkan di dalam lapangan, dan saling berpelukan dan bersalam-salaman begitu usai bertanding.

“Luar biasa teman-teman, semangatnya dalam bertanding betul-betul diperlihatkan. Saya apresiasi dan mengucapkan terima kasih,” ujar Harpansa.

Hasil lomba dan penerima hadiah bagi juara dilaksanakan besok usai upacara bendera yang akan dilaksanakan di Lapangan Upacara Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.(*)

(Humas Disdik Sulsel)