Dilihat Memprihatinkan, Bupati Pohuwato Ajak Warga Nelayan Cintai Lingkungan

oleh
Bupati Pohuwato 2018
Bupati Syarif saat menghadiri pelaksanaan kegiatan Jumat bersih yang diintegrasikan dengan olahraga dan kerja bakti di rumah nelayan di Desa Bulili Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Jumat (7/9)

GORONTALO, suaralidik.com – Guna meningkatkan kesedaran masyarakat khususnya warga nelayan di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dalam hal menjaga kesehatan dan kebersihan, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga kembali mengampiri warga dengan menggelar kegiatan bertempat dilokasi rumah dferet nelayan di Desa Bulila, Kecamatan Duhiadaa, Provinsi Gorontalo pada jum’at (7/9).

Sangat memprihatinkan, dihadapan masyarakat khususnya warga nelayan Syarif Mbuingan mengaku sedikit kecewa setelah melihat kondisi lingkungan rumah nelayan yang saat ini sudah di tempati oleh 100 kepala keluarga, pasalnya dengan kondisi yang ada saat ini ternyata dianggap belum sesuai dengan apa yang diharapkanya, khususnya dari segi kebersihan yang tidak terjaga.

” Setelah sebelumnya melihat kondisi rumah nelayan yang sangat memprihatinkan, saya memutuskan untuk menggelar kegiatan di tempat ini. dan ternyata saya merasa kecewa setelah melihat kondisi lingkungan yang saat ini tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. padalah kebersihan lingkungan sangat bermanfaat bagi kehidupan masyrakat sekitar,” Ujar Syarif

Tak hanya itu saja, Syarif Mbuinga juga mengatakan,lahirnya satu pemikiran rencana untuk membangun perumahan untuk nelayan karena melihat kondisi kompleks masyarakat masih sangat kumuh. Sehingga pemerintah pun berupaya membangun sebuah bantuan rumah nelayan yang layak, dengan harapan tentu masyarakat bisa menikmati lingkungan tempat tinggal yang bersih dan sehat.

“Sehingga dalam pendekatan secara teknis tentang pemukiman, wilayah ini masuk dalam kompleks pemukiman yang kumuh. Kami pun berjuang ke pusat untuk mendapatkan perhatian, dan Alhamdulillah mendapat respon yang baik. Kita rubah kondisi yang kumuh ini menjadi kondisi yang lebih layak,”

Ditegaskannya pula, melaksanakan satu kegiatan kebersihan dan kesehatan itu sangatlah mudah, tergantung kesadaran masyarakat itu sendiri. Tentunya dengan menjaga Menjaga kebersihan lingkungan serta rutin berolahraga.

“saya JUga berpesan untuk pemerinta Desa agar dapat meluangkan waktunya untuk berperan aktif didalam melaksanakan kagiatan bersi-bersih di lokasi tersebut, maupun melakukan seuatu program dengan membagi 4 kelampok dari juumlah warga yang ada, untuk melakukan kegiatan bersi bersi setiap minggunya,” tegasnya (***Fahrum)