Wow, DAK Fisik Bolmong 2018 Tembus 130 Milyar

oleh

BOLMONG, Suaralidik.Com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2018 ini mendapat tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar 100 persen dari Pemerintah Pusat. Ini tidak lepas dari peran serta perjuangan dari Srikandi Bolmong Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow

Menurut kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yarlis Hatam melalui Kepala Bidang Analisis Pembangunan, Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi Anhar Pasambuna, ST ketambahan DAK tersebut tak lepas dari lobi Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow untuk berjuang atas pembangunan di daerah lumbung beras ini.

“Ya, tahun lalu bolmong hanya nendapat DAK sebasar Rp 60 Miliar. Namun, berkat lobi dan jaringan yang dibangun ibu bupati bersama pemerintah pusat, tahun ini kita mendapat DAK sebanyak Rp 130 Miliar,” kata Anhar, Rabu (04/04/18).

Menurut Ketua DPD KNPI Bolmong ini, sejak dirinya dilantik sebagai Kabid, pihaknya telah melakukan pertemuan di Provinsi, dan mereka minta penjelasan soal ketambahan DAK fisik dua kali lipat dari pemerintah pusat tersebut.

“Saya sudah menjelaskan secara detail terkait ketambahan dan proses sampai pemerintah pusat menambah dana DAK fisik bolmong ini. Semua juga lobi dan jaringan yang dibangun oleh Bupati. Apalagi Bupati merupakan mantan anggota DPR RI,” tutur Anhar.

Saat ini kata Pasambuna, pihaknya telah menggelar rapat evaluasi dengan Perangkat Daerah (PD) yang menggunakan DAK fisik tersebut.

Ia juga menambahkan, hasil rapat evaluasi dan capaian progres dari setiap perangkat daerah sudah 80 persen, dan ini tugasnya untuk mengontrol serta mengevaluasi capaian dari perangkat daerah yang mendapat DAK fisik 2018. “Jadi, saya berharap progres capaian tahun ini harus 100 persen, agar tahun depan DAK fisik akan bertambah atau minimal bertahan,” harapnya.

Untuk tahun 2019 kata Anhar, telah diusulkan ditambah dua menu untuk DAK fisik yakni Perpustakaan dan Gelanggang Olahraga. Namun masih bernaung di Dinas Pendidikan.

“Pekan depan realisasi pencapaian triwulan I RKPD di semua instansi tuntas. Ini sebagai aplikasi e-Monev yang sudah diterapkan di Bolmong,” tutupnya. (***is/iqb)