Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kotamobagu Berburu Arsip

oleh
Kadis DKP Kotamobagu, Bambang Ginoga

Kotamobagu, suaralidik.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kotamobagu membuat gebrakan. Dalam rangka penyelamatan arsip bernilai sejarah. DKP melakukan hunting pengumpulan arsip di beberapa lokasi.

Hal itu dijelaskan Kadis DKP Bambang Ginoga, SE. Dikatakannya, tidak terlalu banyak dokumentasi yang dapat digali oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotamobagu. Meskipun telah mencari dari berbagai sumber dan tempat, namun hanya beberapa foto saja yang dapat terkumpul.

Mantan Lurah Mogolaing itu, pihaknya telah menggagas satu ruangan untuk memajang foto-foto tentang Bolaang Mongondow tempo dulu dan kini. Alhasil kini telah beberapa koleksi yang ditampilkan seperti foto Raja-raja, barang khas daerah.

Diakui oleh Ginoga, DKP terus berusaha memperoleh foto-foto yang lebih banyak tentang sejarah Bolaang Mongondow. Tak hanya mengandalkan informasi dari badan arsip tetapi telah mencoba mencari masyarakat yang memiliki koleksi foto tersebut.

“Ini akan akan menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerah ini khususnya untuk generasi muda yang saat ini lebih mengandalkan medsos,”tukas pejabat murah senyum itu.

Hingga saat ini, DKP Kotamobagu telah mengoleksi foto antara lain foto pasar tradisional, RS Datoe Binangkang, Mesjid Tertua di Desa Kopandakan, Rumah Adat Totabuan, Paduka Raja Bintauna, Raja Bolaang Uki, Raja Kerajaan Kaidipang, Raja Manuel Manoppo 1779-1882.

Arsip tua seperti Peta Bolaang Mongondow yang berbahasa Belanda, tulisan Aksara Kuno Bolmong Raya dan Gereja GMIBM 1800. (***jul/iqb)