Dinas Perikanan Bulukumba Gelar Lomba Masak Serba Ikan

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Sebagai rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017, Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba, menggelar Lomba Masak dengan bahan serba Ikan. Jumat (11/8/17).

Perhelatan yang diikuti, Tim Penggerak PKK kecamatan se- Kabupaten Bulukumba tersebut berlangsung di Gedung PKK, dan dihadiri langsung Bupati AM Sukri Sappewali.

Kadis Perikanan Alfian Mallihungan, selaku panitia mengatakan lomba tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat melakukan inovasi pengolahan hasil perikanan.

“Dengan lomba masak seperti ini, dapat melahirkan inovator-inovator baru dalam pengolahan ikan, tidak hanya diolah secara tradisional seperti ikan asap dan ikan pindang tapi bisa dalam bentuk nugget, abon, bakso dan kerupuk sehingga bisa dinikmati kapan saja,” ujar Alfian di gedung PKK Bukukumba.

Dengan beragamnya produk ikan, lanjut Alfian maka hal itu akan mendorong lahirnya home industri yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, kegiatan lomba ini merupakan upaya program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat gemar makan ikan.

Bupati AM Sukri Sappewali yang membuka acara mengatakan Kabupaten Bulukumba yang dianugerahi panjang pantai 128 km, yang membentang di 7 kecamatan dan memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup melimpah, khususnya berbagai jenis ikan. Sehingga potensi tersebut menjadikan Bulukumba sebagai salah satu daerah strategis yang berkontribusi terhadap daerah lainnya dalam rangka menenuhi kebutuhan pangan terutama protein untuk menghasup gizi bagi masyarakat.

“Selain untuk tujuan pengembangan pengolahan ikan, masyarakat harus tersadarkan bahwa ikan harus menjadi bagian dari kebutuhan yang tidak boleh terabaikan, oleh karena akan berakibat terhadap keseimbangan pertumbuhan, terutama tingkat kecerdasan bagi anak-anak kita yang mengalami fase pertumbuhan,” kata AM Sukri sambil mengamati satu persatu hidangan masakan.