Dinas PPPA Sulsel Sebut Bantaeng Berinovasi Dengan Aspirasi Anak

oleh
dinas

Lidik bantaeng – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bersinergi dengan instansi terkait, Pagi tadi Kembali menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Anak Tingkat Kabupaten Bantaeng Tahun 2017 yang Bertempat di Gedung Balai Kartini Bantaeng. Selasa (28/02/2018)

Meisy Papayungan Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan

Pelaksanaan Musrenbang Anak ini merupakan tahun ke empat kabupaten melakukan hal ini, dimana setiap usulan-usulan dari anak-anak setiap tahunnya didengarkan sebagai salah satu bentuk inovasi daerah dalam bidang perencanaan pembangunan serta mekanisme perencanaan sebelum melakukan Musrenbang Tingkat Kabupaten dalam rangka proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018.

Dilaporkan langsung oleh Sekretaris Bappeda Bantaeng Riesa Meylani, bahwa Musrenbang Anak ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan SDM dan kesejahteraan anak.

Lebih lanjut, Riesa juga mengatakan bahwa Bantaeng merupakan kabupaten pelopor di Sulawesi Selatan yang melaksanakan Musrenbang Anak, dan telah diikuti oleh enam kabupaten lainnya.

Senada dengan Meisy Papayungan selaku Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya menghaturkan pujian kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng yang merupakan daerah yang berinovasi dengan mendengarkan aspirasi anak untuk kemudian menjadi pertimbangan yang akan dimasukkan kedalam rencana pembangunan daerah.

Saya selalu bangga dengan Kabupaten Bantaeng yang telah menjadi satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memenuhi syarat sebagai kabupaten layak anak. Ini tentu menjadi sesuatu yang luar biasa yang harus menjadi panutan kabupaten lain“, ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap aspirasi anak, dimulai pada pelaksanaan Musrenbang Anak yang pertama di tahun 2014, dengan pembangunan lokasi sport center dan taman bagi anak-anak serta pengadaan bus sekolah sampai dengan memenuhi harapan dan impian anak untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yaitu Akademi Komunitas.

Turut hadir pada kegiatan ini yakni Ketua DPRD Bantaeng H. Sahabuddin, Ketua GOW Bantaeng Hj. Aisyah Yasin, serta Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Editor : Adhe