Dinas Sosial Bulukumba Gelontorkan Dana Kube Rp 240 Juta

oleh
Pemberian bimbingan kepada para kelompok penerima dana KUBE. Selasa (22/8/17).

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bulukumba, Sulsel siapkan Rp.240 Juta dana Kredit Usaha Bersama (KUBE). Dana tersebut akan digelontorkan ke sejumlah kelompok usaha di Bulukumba.

Pemberian bimbingan kepada para kelompok penerima dana KUBE. Selasa (22/8/17).

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Ardi Arafah kepada Suaralidik.com, Selasa (22/8/17) mengungkapkan sasaran penerima bantuan yang terdiri dari dua paket ini, untuk Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yakni, bantuan usaha pertukangan kayu sebanyak 13 kelompok dan bantuan usaha penjahitan 3 kelompok.

Adapun dana peruntukkan masing- masing, Rp. 195 Juta untuk pertukangan kayu dan Rp.45 Juta untuk usaha penjahitan, bersumber dari APBD.

Hanya saja menurut Ardi, permintaan bantuan ini tidak merata pasalnya lebih dulu harus memasukkan proposal.

“Jadi hanya ada 6 kecematan yang dapat di tahun ini yakni, Kecamatan Herlang, Bulukumpa, Rilau Ale, Gantarang, Ujung Loe, dan Ujungbulu,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengaku tetap akan mengusulkan tiap tahunya.

“Bantuan ini tidak bisa dijanjikan tiap tahun, tapi tergantung kebutuhan desa dan pengusulan musrembang juga tergantung dari anggaran yang ada. Jadi kalau ada pengusulan tahun ini mungkin tahun depan baru ada. Yang jelas klo ada anggaran sudah pasti kita masukkan dan tentu kami juga akan usahakan tiap tahun,” jelas Ardi.

Selain itu, ia mengaku telah melakukan bimbingan kepada beberapa kelompok penerima KUBE baru baru ini (Lihat gambar, Red).

Rep: Indra Chaerunnisa