Dinilai Menjatuhkan Citra Bupati, Kadis Kominfo Sesalkan Pemberitaan Salah satu Media Online

oleh
Kepala Diskominfo Gorontalo
Foto Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, Drs. R. Hi. Azis Nurhamidin, M.Pd

Gorontalo, suaralidik.com -Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo, Drs. R. Hi. Azis Nurhamidin, M.Pd sangat menyayangkan pemberitaan salah satu media online (faktanews.com) yang dinilai tidak sesuai dengan fakta dilapangan.

Azis menegaskan bahwa pernyataan Bupati Gorontalo yang dimuat dalam pemberitaan itu sangat bertentangan dengan apa yang disebarkan oleh media tersebut.

“Padahal tema kegiatan kita itu melawan hoax, sangat ironis, baru dihimbau malah melakukannya. Selama ini kami menganggap media massa atau wartawan sebagai mitra, sebagai control social, itu sesuai peran yang kita semua tahu, bukan penyebar fitnah”, tandas Azis.

Azis menilai media tersebut sengaja memelintir penyataan Bupati Gorontalo Prof nelson pomalingo dalam acara dialog refleksi kemerdekaan yang digelar Dinas Kominfo pada Sabtu, 11 Agustus 2018, beberapa waktu lalu.

“pernyataan yang ada dalam pemberitaan faktanews.com tidak sesuai dengan statement yang disampaikan Bupati pada saat memberikan sambutan.ujar Azis

pemberitaan yang baru di rilis oleh media online faktanews pada tanggal 13 Agustus 2018 atau dua hari setelah pelaksanaan kegiatan itu sengaja diluncurkan untuk menjatuhkan citra Bupati.

“Pemberitaan itu sengaja menjatuhkan citra, juga dengan narasumber sepihak,” ujarnya

Azis menyesalkan masih adanya media online tidak memenuhi etika jurnalistik tumbuh di Gorontalo.

“Pelaku jurnalistik itu harus professional, wajjib menghimpun informasi dengan benar, bukan dengan nara sumber sepihak. Masa pernyataan dipenggal. Sangat jelas parsial dan ingin menjatuhkan citra pimpinan”, pungkasnya

Ia berharap kejadian ini tidak akan terulang lagi karena sangat bersentuhan dengan hukum.

Sementara itu Jeffry As. Rumampuk, Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Online itu saat dikonfirmasi melalui washap membantah terkait pemberitaan yang dinilai oleh kadis kominfo menjatuhkan bupati Prof Nelson Pomalingo.

” pada prinsipnya, kami redaksional selalu mempertanggung jawabkan apa yang sudah dimuat dalam pemberitaan kami. jika kami disebut sengaja menjatuhkan citra Pimpinan mereka maka itu salah besar, karena sebagai sosial kontrol tentu peran itu yang diutamakan. Tutur jeffry

Ia juga menyarankan kadis kominfo untuk membaca dengan baik isi berita yang ditayangkan oleh medianya tersebut.

“jika kadis Kominfo menyebut itu dipelintir sekaligus menyebut media kami tidak memenuhi etika jurnalistik karena dianggap memenggal kalimat yang disampaikan, maka seharusnya Pak Kadis membaca isi beritanya dulu baru menanggapi. didalam dijelaskan bahwa kata Sampah itu apa dan bagaimana.dan perlu diketahui sebelum berita itu terbit saya masih berkordinasi dengan beliau.tutup pimred media tersebut.(***Thoger)