banner 728x250

Disdik Sulsel Menggelar Rapat Panitia Memperingati Hari Guru Nasional (HGN)

  • Bagikan
Plt Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, H. Imran Jausi Saat Usai Menggelar Rapat Panitia Memperingati Hari Guru Nasional.

Makassar, SuaraLidik.com – Untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 November 2021, maka Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel menggelar rapat panitia Hari Guru Nasional, yang diselenggarakan di Gedung Guru (Kantor Disdik Sulsel), Selasa sore (09/11/2021).

Dalam penjelasan Plt Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel, H. Imran Jausi mengatakan, rapat hari ini merupakan tahapan dari rangkaian kegiatan HGN yang akan kita laksanakan. Dimana rapat kali ini, tentunya kita akan merampungkan dokumen administrasi yang berkenaan dengan pelaksanaan Hari Guru Nasional.

banner 728x250

Kepanitian dibentuk berdasarkan kompetensi yang ada. Ada pembagian tugas yang jelas, dan yang paling penting adalah kepercayaan.’ujar H. Imran Jausi, Selasa (09/11/2021).

“Rencananya kita akan buat Plan A dan Plan B dan seterusnya, untuk membuat perencanaan yang lain, selain dengan persetujuan dengan Plt Gubernur Sulsel untuk lokasi kegiatan peringatan HGN. Misalnya kita gunakan di Celebes Convention Center (CCC), di Hotel atau kita bisa gunakan di Mall dan lain sebagainya,”ungkapnya.

“Dimana dunia pendidikan kita siap dengan segala kondisi yang ada, dan untuk itu kita akan mencoba menyajikan karya-karya yang terbaik dari guru dan siswa kita. Bagaimana mereka mengelola pendidikan, bagaimana mereka memastikan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ini berjalan dengan baik di masa pandemi covid-19,”jelasnya.

Oleh karena itu, kami mencoba meramu kegiatan ini dengan variasi-variasi kegiatan. Ada yang bersifat lomba, ada yang bersifat seminar, dan tentunya ada yang bersifat pameran.’kata H. Imran Jausi.

“Harapan kami semoga HGN di tahun ini bisa berjalan dengan baik, dan tentunya kami berharap partisipasi seluruh stakeholder khususnya di satuan pendidikan,”pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, H. Heri Sumiharto, SE, M.Ed menjelaskan, dimana kegiatan-kegiatan kita nantinya akan dimulai tanggal 25-27 November 2021.

“Rencana Plan A kita tetap laksanakan peringatan HGN di plataran Rujab Gubernur, dan seminarnya nanti akan dilaksanakan di Baruga Patingalloang. Sementara itu untuk Plan B, kita rencanakan di Celebes Convention Center (CCC) dan Mall Nipah,”jelas Heri.

Selain itu ditempat yang sama, Ketua Panitia HGN Disdik Sulsel, H. Sabri menjelaskan, untuk memperingati HGN, kami sudah menyiapkan beberapa kegiatan. Dimana kegiatan yang pertama adalah pameran pendidikan, yang mana memamerkan berbagai produk dan inovasi pendidikan SMA/SMK/SLB, serta dunia usaha dan dunia industri mitra satuan pendidikan.

Sementara yang kedua, lomba video best practice mengajar dari rumah, dan yang ketiga adalah yang terkait dengan lomba, dengan tema “Guru Nafas Pendidikan”.

“Selanjutnya yang keempat, kuis rangking satu, dimana kuis rangking satu ini diadakan secara online dan diikuti kurang lebih 2.000 peserta. Lomba ini menjawab soal atau pertanyaan menggunakan aplikasi online. Dan yang kelima yaitu kegiatan lomba menyanyi, keenam lomba standup comedi dan yang ketujuh lomba baca puisi,” ujar H. Sabri.

Sedangkan untuk pertemuan ilmiah, H. Sabri menjelaskan yang pertama adalah webinar dan literasi menulis, dan yang kedua adalah kegiatan lokal karya.

Selain itu kegiatan selanjutnya adalah roadshow dan kegiatan penghargaan kepada guru berdedikasi dan berprestasi.’ungkap H. Sabri.

Sedangkan kegiatan selanjutnya yaitu, penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Perindustrian, Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan.’katanya.

Dan yang terakhir adalah kegiatan launching, dimana dalam kegiatan launching ini ada smart school, aplikasi mengaji, menanam pohon dan pencanaan guru sebagai agen anti korupsi.’jelasnya.

Dimana dalan rapat panitia memperingati HGN di Gedung Guru (Kantor Disdik Sulsel), dihadiri oleh Plt Kadis Pendidikan Sulsel, H. Imran Jausi, Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, H. Heri Sumiharto, Kabid Pembinaan SMA Asqar, Kabid PKLK BSD, H. Basri, Kabid GTK dan Fasilitasi (Ketua Panitia HGN) H. Sabri, Kepala UPT PTKIP, Andi Hidayanti, Kasubag Kepegawaian dan Hukum, Muhammad Hazairin, Koordinator Pengawas Sulsel (Korwas), Muliono, Ketua MKKS SMA/SMK Makassar, serta Kepala Sekolah SMA/SMK.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *