Dishub Pangkep Bagikan 800 Life Jacket Untuk Keselamatan Pelayaran Antar Pulau

oleh
Sebanyak 800 Life Jacket Diberikan Dishub Kabupaten Pangkep Untuk Keamanan Jalur Antar Pulau Di Pangkep

Pangkep, Suaralidik.com – Upaya untuk mengantisipasi kecelakaan laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) akan membagikan pelampung ke sejumlah kapal penumpang rakyat dan kapal nelayan yang beroperasi di Pangkep. Untuk itu, sebanyak 800 buah life jacket disiapkan Pemkab Pangkep akan segera diserahkan langsung Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid, SE kepada nelayan dan kapal pete-pete dalam waktu dekat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Pangkep, Abbas Hasan mengungkapkan Bantuan kepada tukang perahu ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam aktivitas di perairan laut pangkep, apalagi belakangan ini cuaca ekstrim dilaut sangat membahayakan nelayan terlebih lagi belakangan ini banyak kapal yang mengalami kecelakaan seperti yang baru baru ini terjadi diperairan selayar saat tenggelamnya KMP Lestari.

“Iya sekarang kita perketat pengawasan penyeberangan ke pulau-pulau Pangkep pasca laka laut KM Lestari di Selayar, mengantisipasi itu kita akan bagikan 800 pelampung karena selama ini banyak kapal yang tidak dilengkapi pelampung.

Dia berharap kedepan, para awak angkutan antar pulau tersebut bisa menggunakan bantuan ini sesuai dengan permintaannya dan selalu memperhatikan kondisi cuaca serta kapasitas muatan penumpang sebelum berangkat. agar tak mengalami musibah seperti km lestari di selayar. Harus disesuaikan kapasitas penumpang dan dengan kejadian KM Lestari jadi peringatan untuk nelayan kita di Pangkep agar berhati-hati melaut,” kata Abbas Hasan, Kamis (5/7/2018).

Dia menambahkan, pembagian pelampung gratis ini akan disesuaikan sesuai kapasitas penumpang. Namun Abbas juga meminta kepada penerima untuk selalu membawa ataupun menyiapkan bantuan itu di perahunya. untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan bersama.

“Setelah pembagian tadi kita imbau mereka untuk standby terus life jacket diperahu masing masing. Karena bantuan itu kita berikan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkap Abbas.

Pangkep yang wilayahnya 80 persen laut dengan jumlah pulau 117 tentunnya menjadi wilayah yang sangat rawan kecelakaan laut dan butuh perhatian pemerintah. Apalagi wilayah Pangkep mencapai perbatasan perairan Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali dan kalimantan. (86-KP)