Disperindag Kab. Sinjai Sambangi Kediaman Kades Tongke-Tongke Bahas Rencana Pengasapan Ikan

oleh
Disperindag Kab. Sinjai
Foto : Seksi Perindustrian Makanan dan Minuman Disperindag Kab. Sinjai saat berkunjung di kediaman Kades Tongke-Tongke, Kec. Sinjai Timur. Senin (08/05/2017)

Sinjai, Suara Lidik – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai melakukan kunjungan langsung ke rumah kepala desa Tongke-Tongke, Kec. Sinjai Timur pada Senin (08/09/2017).

Disperindag Kab. Sinjai
Foto : Seksi Perindustrian Makanan dan Minuman Disperindag Kab. Sinjai saat berkunjung di kediaman Kades Tongke-Tongke, Kec. Sinjai Timur. Senin (08/05/2017)

Kunjungan Disperindag Kab. Sinjai Seksi Industri Makanan dan Minuman ke kediaman Kades Tongke-Tongke, Kec. Sinjai Timur untuk membahas  rencana pekerjaan pengasapan ikan di wilayah tersebut.

Kasi Industri Makanan dan Minuman Disperindag Kab. Sinjai Hj. Eryani, S.STP, M.Si saat dikonfirmasi wartawan suara lidik mengungkapkan bahwa kunjungannya  bertujuan untuk menawarkan program pengentasan kemiskinan kepada kades Tongke-Tongke dengan cara mengajak dan mengajar masyarakat untuk melakukan kegiatan pengasapan ikan sehingga bisa berproduksi dan menguntungkan masyarakat yang ada di desa tersebut.

“Kedatangan kami disini tidak lain menawarkan program kepada kades Tongke-Tongke terkait upaya pengentasan kemiskinan melalui upaya pengembangan kreativitas masyarakat yang mandiri dengan cara mengajak partisipasi masyarakat  melakukan kegiatan pengasapan ikan sehingga dapat memiliki nilai produksi ekonomi” Jelas Eryani.

Eryani juga menambahkan bahwa hasil pengasapan ikan tersebut nantinya akan kemas dalam bungkusan plastik lalu di jual dibeberapa tempat sebagai makanan oleh oleh.

Selain itu lanjut Eryani bahwa bentuk atau ukuran bangunan pengasapan ikan yang dimaksud berukuran 2×3 meter persegi  dan anggarannya akan di sesuaikan dari Disprindag Kab. Sinjai.

“Kami akan sesuaikan anggarannya, jika program ini dapat terlaksana, yang terpenting adalah bagaimana kesiapan dan keinginan masyarakat untuk tertarik dengan program yang kami tawarkan” Kata Eryani.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Tongke-Tongke, Kec. Sinjai Timur, Sirajuddin saat dikonfirmasi wartawan suara lidik sangat mengapreasiasi program yang ditawarkan Disperindag Kab. Sinjai. Sirajuddin juga mengatakan bahwa kehadiran Disperindag Kab. Sinjai dengan program pengentasan kemiskinan yang ditawarkan kepada dirinya selaku pemintah desa merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi masyarakat diwilayahnya.

“Selaku pemerintah desa, saya sangat berterima kasih kepada Disperindag Kab. Sinjai, melalui upayanya membuat suatu program pengentasan kemiskinan, sehingga kedepan masyarakat di desa kami dapat mandiri dengan kegiatan usaha yang dilakukannya” Jelas Sirajuddin.

Sirajuddin juga berharap kepada warganya, agar apa yang menjadi penawaran dari Disperindag Kab. Sinjai dapat dimanfaatkan, sebab program ini untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat desa Tongke-Tongke. (Andi Basri/Bandhys)