Ditangan Syarif, “POHUWATO” Melejit Dan Banjir Prestasi

oleh -2 views

Foto : Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga,(foto istimewa).

Catatan Jelang 10th Terakhir Kepemimpinan SYAH

Oleh : Ismail Abas

Pohuwato, Suaralidik.com – Jika ada yang menyebut bahwa Bupati Syarif Mbuinga tak lebih unggul dari Kepala Daerah lainnya di Provinsi Gorontalo, bisa jadi pernyataan itu keliru. Sebaliknya, Syarif justru diyakini memiliki banyak keunggulan ketimbang yang lainnya.

Sebut saja misalnya, segudang prestasi telah diraihnya dalam kurun waktu 10th terakhir periode kepemimpinannya. Bahkan prestasi ini diukir jauh sebelum Syarif menjadi Bupati.

Syarif ketika masih duduk ditampuk kursi Ketua DPRD Pohuwato, telah banyak melahirkan kebijakan – kebijakan yang pro rakyat melalui ketukan palunya. Dan torehan prestasi lainnya.

Di 10 tahun terakhir ini, dibawah kepemimpinannya bersama Amin Haras melalui paket SYAH, Syarif mampu membawa Pohuwato berkembang pesat dan melejit hingga dikancah Nasional.

Berbagai prestasi diraihnya, sebut saja misalnya, Pohuwato masuk 10 besar terbaik Nasional dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diselenggarakan oleh Bappenas tahun 2019.

Tak hanya itu, masih ditahun yang sama, Pohuwato juga masuk 10 besar Nasional kategori pemerintah berkinerja sangat tinggi yang dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri.

Sebagai Kabupaten yang masih berkembang, Pohuwato ternyata telah menjadi Daerah yang Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) masuk kategori nilai B.

Dan paling membanggakan, raihan prestasi Pohuwato yang selama 6 kali berturut-turut meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan pengeloloan keuangan Daerah hingga tahun 2019.

Prestasi ini merupakan buah tangan dan hasil terbaik yang layak dipersembahkan duet Syarif – Amin kepada seluruh masyarakat Pohuwato.

Prestasi lain yang tidak kalah membanggakan adalah pelayanan publik yang masuk zona hijau dan mendapatkan penghargaan dari ombusmen pusat pada tahun 2019 ini.

Serta deretan prestasi lain yang cukup membuat daerah lain salut dan angkat topi. Semua prestasi merupakan persembahana yang layak ditulis dengan tinta emas sebagai bukti hasil kinerja dari tangan dingin sang inspirator dan pemimpin tauladan dimasa depan. Semoga..!!!(***TR/02).