DPD LIDIK PRO Kotamobagu Imbau PDAM Cari Solusi Maksimalkan Layanan

oleh

Kotamobagu, Suaralidik.com – Lagi-lagi perusahaan daerah air minum (PDAM) dapat sorotan dari warga terkait dengan pelayanan yang tidak makasimal kepada masyarakat.

Hasil temuan awak media kami senin 29 januari 2018 warga gogagoman komplex SKB, Yani Hinta dan Deli Salanti menuturkan bahwa sudah satu tahun lebih kami tidak pernah mendapatkan pelayanan yang baik dari pihak PDAM terbukti air tidak lagi mengalir seperti tahun tahun sebelumnya di mana air sering mati bahkan akhir akhir ini tidak ada lagi air yang mengalir lewat kran.

Lanjutnya bahkan seringkali kami mandi, memasak, cuci pakaian tinggal mengharapkan air sumur ungkap Deli.

Yani juga menambahkan kami benar benar sangat kesulitan dengan tidak ada air bersih yang kami gunakan lewat layanan PDAM yang lebih ironis lagi kami di Gogagoman ini mayoritas muslim terkadang kami mandi untuk sholat jumat harus antrian mandi menggunakan air sumur karna “so nyanda ada aer bajalang blum itu orang yang saki kong aer pam nda bajalang bgmn dang torang ini kasiang”,ungkap Yani dengan penuh kesal.

Yani juga menambahkan “Yang ane skali aer nda bajalang alias mati kok pihak PDAM datang juga menagih dengan alasan pembayaran beban kepemilikan sambungan air dari PDAM belum sto torang mobayar”, tutup Yani.

Di tempat lain ketua Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat (LIDIK PRO) Kota Kotamobagu Oske Sayow menghimbau kepada pihak PDAM agar secepatnya untuk mencarikan solusinya sebab kalau persoalan ini hanya didiamkan dan berlarut larut nantinya akan menyebabkan persoalan yang lebih serius apa lagi masalah pelayanan air bersih yang sehari hari masyarakat memerlukan air, ungkap Oske.

PDAM Bolmong

Ditambahkan lagi kami siap mengawal dan mendampingi masyarakat agar sekiranya cepat ada tanggapan dari pihak PDAM terutama solusi terkait dengan pelayanan kepada masyarakat apa lagi setahu kami sudah ada DIRUT PDAM yang baru jadi harapan kami tolong dipikirkan persoalan ini, kalau tidak mampu silakan mundur dari jabatan, tegas Oske.

Ditempat lain dirut PDAM lewat kabag distribusi Marham.S Makalungsenge membenarkan keluhan warga tersebut, “memang benar ada beberapa titik khususnya di kotamobagu kondisi air pam tidak lagi mengalir dengan lancar karena itu disebabkan banyak pipa pipa yang bocor dikarenakan umur pipa yang sudah sangat lama di tambah lagi kami banyak menemukan oknum oknum masyarakat yang dengan sengaja mencuri jaringan air pam melalui merakit dengan menggunakan pompa pengisap (dap) ini juga salah satu menyebabkan air pam di titik-titik tertentu tidak lancar bahkan mati tidak ada lagi air yang mengalir ungkap Marham.

Ditambakan lagi” Insyaallah dalam waktu dekat ini kami akan segera memperbaiki jaringan air ditempat tempat yang mungkin sudah mati atau tidak mengalir lagi dan kami dari pihak PDAM sudah menyepakatinya bahkan kami sudah menganggarkanya untuk angaran tahun 2018 ini tutup marham. (Nujul/Kemal)