DPMD Sulawesi Selatan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa

oleh
pendamping desa
DPMD Sulawesi Selatan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa

MAKASSAR,SUARALIDIK.com– Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), dibuka hari ini, dihotel Grand Clarion Makassar, Senin (23/10/2017).

pendamping desa
DPMD Sulawesi Selatan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa

Kegiatan ini akan berlangsung mulai hari ini, Senin 23-27 Oktober 2017, jumlah peserta pelatihan sebanyak 508 orang pendamping lokal desa, namun yang hadir sebanyak 472 orang,” kata Noval,Pendamping Lokal dari Kabupaten Bone.

Pendamping Lokal Desa dari Kecamatan Amali, Kabupaten Bone ini mengapresiasi adanya pelatihan peningkatan kapasitas PLD tahun karena akan memberikan bekal lebih untuk pendampingan selanjutnya, apalagi masa-masa sekarang ini seluruh pemerintah desa sementara menyusun perencanaan untuk tahun anggaran 2018.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Mustari Soba, dalam sambutannya mengatakan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat harus melalui pengawalan dan pendampingan oleh pendamping profesional desa baik oleh PLD dan PDP dan PDTI.

Mustari menambahkan bahwa pelatihan peningkatan kapasitas ini sebagai upaya penyegaran untuk upaya meningkatkan kualitas pendampingan desa oleh pendamping profesional.

Melalui kesempatan ini juga saya tekankan, kalau ada permasalahan di desa dampingan, pendamping lokal desa langsung laporan ke saya selaku Kepala Dinas PMD Sulsel“, tandas Mustari Soba.

Pendamping profesional merupakan bagian dari upaya memberdayaan masyarakat, dengan meningkatkan kapasitas dirinya selaku pendamping karena di desa pendamping lokal desa diharapkan mampu meningkatkan kapasitas masyarakatnya, katanya.

Seluruh pendamping lokal desa wajib memastikan seluruh desa dampingannya terdapat Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) karena itu merupakan empat program prioritas 2017 dari Kementerian Desa antara lain; Embun Desa, Sarana Olahraga, program unggulan desa, Bumdesa. (a2)