banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

DPN PERADI – Fakultas Hukum Unhas Cetak Puluhan Calon Advocate, Prof Hamzah : Jaga Nilai Moral dan Etika

Makassar, SuaraLidik.com – Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Angkatan Ke-20 Tahun 2022.

Kegiatan PKPA kali ini berlangsung selama 5 pekan, setiap Sabtu dan Minggu yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom, dimulai sejak tanggal 01 Oktober 2022 dan berakhir di tanggal 30 Oktober 2022 dengan diikuti sebanyak 40 peserta dari seluruh Indonesia.

Pemateri PKPA berasal dari kalangan akademisi atau dosen Fakultas Hukum Unhas dan praktisi yang terdiri dari Advokat dan Hakim, serta pihak dari DPN PERADI. Jumlah materi yang diberikan sebanyak 21 materi.

Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H. M. AP dalam sambutannya di penutupan PKPA angkatan ke-20 berharap agar peserta tidak berhenti untuk menggali keilmuan hukum, baik pada tataran teori maupun praktik, Minggu (30/10/2022).

Prof Hamzah sapaan akrabnya kembali memberikan pesan kepada peserta agar menjaga nilai-nilai moral dan etika ketika sudah menekuni profesi sebagai penegak hukum.

“Saya berharap, peserta PKPA FH Unhas kali ini tidak puas hanya pada materi yang disajikan selama pendidikan. Karena, kita ketahui bersama bahwa, ilmu hukum itu sifatnya dinamis, yang berkembang dari waktu ke waktu. Saya juga ingin menegaskan bahwa alumni PKPA Unhas juga akan membawa nama baik Almamater Unhas. Oleh karena itu, saya berharap, semua peserta untuk menjaga nilai-nilai moral dan etika yang baik, ketika nantinya memilih untuk berprofesi sebagai penegak hukum,” kata Prof. Hamzah.

Diakhir keterangannya, Guru Besar Fakultas Hukum Unhas itu menjelaskan bahwa PKPA merupakan pendidikan profesi yang menjadi salah satu syarat untuk menjadi Advokat. PKPA bertujuan sebagai wadah bagi para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang hukum, khususnya profesi advokat.

Peserta yang telah mengikuti program PKPA diharapkan dapat menjadi calon advokat, yang dapat menerapkan keilmuan hukum dengan baik pada tataran praktik dan patuh pada kode etik profesi, dengan harapan dapat berkontribusi mewujudkan tujuan hukum, yaitu memberikan keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum bagi masyarakat luas.