DPP LIDIK PRO Sulawesi Utara, Terkait Verifikasi Faktual Dimulai Minta KPU Bersikap Netral

oleh

Suaralidik.com, Sulut–Proses tahapan verifikasi faktual Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Perseorangan (Independen) kini telah berlangsung se-Sulawesi Utara pada Tingkatan KPU, PPK dan PPS. Penyelenggaraan dilaksanakan di Kelurahan dan Desa tercatat sejak Selasa (12/12) dan direncanakan hingga 25 Desember nanti.

Foto : Ketua DPP LIDIK PRO SULAWESI UTARA Andi Baso Riyadi Mappasulle

Hal ini menjadi perhatian semua lapisan masyarakat, bahwa di Sulawesi Utara terdapat 5 Pilkada Kabupaten dan 1 Pilkada Walikota, maka terkhusus oleh DPP LSM Lidik Pro Sulawesi Utara yang siap mengawal proses tersebut.

Ketua DPP Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara (LIDIK PRO) Sulawesi Utara Andi Baso Riyadi Mappasulle, mengharapakan tahapan yang dilakukan penyelenggara, dalam hal ini KPU dan jajarannya sampai tingkat PPS, bekerja cermat dan independen.

Menurutnya KPU merupakan Rumah Demokrasi yang harus memberikan pendidikan politik yang baik. “Kita berharap KPU independen menyelenggarakan proses tahapan ini, karena jegal menjegal itu terlihat jelas secara politis pada salah satu pasangan bakal calon.” Jelas Andi Baso Riyadi Mappasulle.

Andi Baso Riyadi Mappasulle menambahkan, bahwa dalam proses demokrasi yang menjadi keinginan bersama adalah kebebasan dalam menentukan sikap, dimana tak boleh terpengaruh oleh sesuatu hal sehingga dapat berubah atau diubah.

“Selain peningkatan partisipasi pemilih meningkat, jalan pikiran KPU jika ingin menilai keberhasilan penyelenggaraan harus melihat dari sisi stabilitas sosial dan politik, karena proses penyelenggaraan politik kadang menimbulkan konflik horisontal, atau benturan di tengah masyarakat, dan itu sangat merugikan kita semua.” Tutup Andi Baso Riyadi Mappasulle dalam wawancaranya saat ditemui di salah satu Cafe di Manado kemarin.(Kemal).