DPRD Bolmong Gelar Rapat Paripurna Dengar LKPJ Bupati Anggaran 2017

oleh
Ketua DPRD saat memimpin Rapat Paripurna Bersama Wakil Ketua Kamran Muchtar dan Abdul Kadir Mangkat

Suaralidik.com, BOLMONG – Dewan Perwakalin Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Menggelar Rapat Paripurna Dewan dengan Agenda mendengarkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bolaang Mongondow tahun Anggaran 2017.

Rapat yang gelar di ruang paripurna kantor DPRD Bolmong, Selasa (10/4/2018), dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling bersama dengan Wakil Ketua, Kamran Muchtar Podomi dan Abdul Kadir Mangkat, Serta anggota DPRD kabupaten Bolmong

Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling saat membuka rapat paripurna mengatakan, bahwa paripurna ini digelar berdasarkan surat dari Pemkab Bolmong nomor 100/setdakab/01/25/III/2018 perihal permohonan penjadwalan penyampaian LKPJ Bupati tahun 2017.

Pada kesempatan tersebut ketua DPRD mengatakan, bahwa “sesuai dengan aturan perundang-undangan menyebutkan, bahwa kepala daerah dalam hal ini Bupati dan wakil Bupati wajib menyampaikan LKPJ akhir tahun anggaran yang disampaikan ke DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir”, Ujar Welty

Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow saat memberikan sambutan LKPJ tahun anggaran 2017

“Secara normative, LKPJ memiliki arti penting bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan efisien, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah daerah melalui fungsi pengawasan DPRD,” kata Welty.

Disisi lain, kata dia, untuk memaksimalkan pembahasan LKPJ maka dengan mangacu pada PP Nomor 16 tahun 2010 maka DPRD langsung membentuk pansus LKPJ yang berjumlah 13 orang yang terdiri dari masing-masing fraksi.

“Pansus harus bekerja maksimal selama 30 hari kedepan, dan harus menetapkan poin-poin rekomendasi yang akan dituangkan dalam surat keputusan dewan. Selama pembahasan, pansus juga akan memanggil seluruh SKPD secara bergilir untuk dimintai keterangan,” ungkap Welty Komaling.

Foto : Suasana rapat Paripurna DPRD Bolmong

Bupati Bolmong, Dra. Hj Yasti Soepredjo Mokoagow juga menyampaikan sambutannya terkait penyampaian LKPJ tahun 2017. Diantaranya kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah yang terata dalam APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2017, yang merupakan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada tahun anggaran 2017, yang disusun berdasarkan anggaran berbasis kinerja, sesuai dengan Permendagri No 31 tahun 2016 tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2017, Diantaranya Target dan Realisasi Pendapatan serta Pengelolaan Belanja Daerah.

Hadir dalam Rapat Paripurna DPRD tersebut Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yany Rony Tuuk STh.MM, Sekda Bolmong Tahlis Gallang SIP.MM, Unsur Pimpinan DPRD beserta Anggota, Unsur Forkopimda, Asisten I, II dan III, Kepala SKPD dan Camat. (is/kemal red)