DPRD Boltim Terima LKPJ TA 2018 Lewat Paripurna Istimewa

oleh -
Foto : Rapat Paripurna Istimewa DPRD Boltim dihadiri Bupati Sehan Landjar SH

Boltim, Suaralidik.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (15/04) menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2018.

Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Boltim Drs Marsaoleh Mamonto, serta dihadiri oleh Bupati Boltim Sehan Landjar SH.

Lewat agenda tersebut, DPRD lewat perwakilan anggotanya Revi Lengkong, menyampaikan pendapat tentang LKPJ Kepala Daerah tersebut.

Foto : Nampak pimpinan DPRD Boltim di paripurna istimewa

“Secara keseluruhan, kami menerima LKPJ Kepala Daerah Boltim tahun anggaran 2018,” kata Lengkong yang dilanjutkan dengan penyerahan LKPJ oleh Ketua DPRD kepada Bupati Boltim.

Saat memberikan sambutan, Bupati lebih dulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Boltim atas kerjasama dan dukungan kepada pihak Eksekutif dalam pembangunan daerah.

Bupati juga mengapresiasi kinerja Pansus LKPJ yang telah bekerja maksimal melalui tahapan-tahapan hingga menghasilkan rekomendasi yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten, guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pelayanan kepada masyarakat di Kabuapaten Boltim.

Foto : Anggota DPRD Boltim dan jajaran SKPD Se-Pemkab Boltim turut hadir di rapat paripurna istimewa

“Kita ketahui bersama, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang LKPJ kepada DPRD, pada pasal 18 diuraikan bahwa LKPJ sekurang-kurangnya menjelaskan arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama setahun,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati, berbagai tanggapan DPRD atas LKPJ Bupati ini, akan ditindanlanjuti oleh Pemda sebaik mungkin. Pasalnya, penyelenggaraan pemerintahan, tidak semua disebabkan oleh kelemahan institusi, namun tidak sedikit dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak masuk dalam kewenangan pemerintah daerah.

“Kendati demikian, kami selaku pemerintah daerah, akan tetap berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja berdasarkan saran dan masukan yang telah tertuang dalam rekomendasi dari DPRD ini,” tambah Bupati.

Bupati juga mengajak para Anggota DPRD untuk bersama melakukan pengawasan secara efektif, efisien dan transparan, atas penggunaan anggaran daerah.

“Sehingga dapat tercapai optimalisasi pemanfaatan anggaran, demi meningkatkan kesejahteraan rakyat Boltim,” pungkas Bupati.(***fibo)