DPRD Kabgor Akan Tinjau Proyek Pembangunan Desa Lobutu

oleh -

Foto : Ketua Komisi lll bersama anggota DPRD Kaabgor, saat menerima masyarakat Desa Labotu,(foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – DPRD Kabupaten Gorontalo melalui Komisi lll neremcana akan meninjau langsung Program pembangunan jalan tani di Desa Lobutu Kecamatan Biluhu yang diduga bermaslah.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi lll Ali Polapa pada saat menerima kunjungan masyarakat Desa Lobutu diruang Komisi lll belum alam ini.

“Aspirasi ini sudah kami terima dan masih akan kami bahas diinternal komisi dan akan segera diagendakan kapan pelaksanaan tindaklanjutnya kelapangan,”tegas Aleg dari Partai PDIP dapil Batudaa Cs.

Menurut Rustam Mahmud salah seorang perwakilan warga mengatakan, Program pembangunan jalan tani yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) di Desa Lobutu telah dianggarkan sejak tahun 2017, 2018, 2019, namun hingga saat ini pekerjaannya tak pernah selesai.

“Sehingganya kami meminta Dewan DPRD kabupaten Gorontalo dalam hal ini komisi lll untuk segera turun langsung kelokasi. Untuk melakukan evaluasi atas proyek pembangunan jalan tani yang tak bisa digunakan,”kata Rustam.

Untuk, lanjut Rusatam, menghindari kerugian keuangan negara, pihaknya bersama masyarakat telah meminta BPD untuk memediasi melakukan rapat bersama pemerintah Desa membahas pemberhentian sementara pekerjaan jalan tani itu.

“Namun usulan masyarakat tersebut ditolak mentah oleh kepala Desa,”tegas Rustam.

Selain itu, menurut Rustam, sejumlah program yang ada di Desa Lobuto tidak menggunakan potensi tenaga kerja warga Desa malah menggunakan tenaga dari Desa lain, salah satunya pembibitan tanaman tahunan.

“Padahal sesuai aturan, harusnya potensi warga sendiri mesti digunakan, ini kan salah pak,” keluh Rustam,(***Rollink).