DPRD Pohuwato Sahkan 4 Perda Usul Inisiatif DPRD Dan Pemerintah Daerah

oleh -

Penandatanganan 4 Perda usul inisiatif DPRD dan pemerintah daerah oleh Ketua DPR dan Bupati Pohuwato,(foto Rajak humas).

Pohuwato, Suaralidik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Pohuwato menetapkan 4 buah peraturan daerah (Perda) Kabupaten Pohuwato 2019, Kamis 02/05/2019.

SMKN 1

4 buah perda ini terdiri dari 2 buah usul pemerintah daerah, dan 2 usulan inisiatif DPRD. Diantaranya perda tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol, perda pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal, perda penyelenggaraan keolahragaan dan perda tentang kepemudaan.

Ketua DPRD Nasir Giasi selaku pimpinan memeberikan apresiasi kepada masing-masing Panitia Khusus (Pansus) yang telah membahas Ranperda tersebut hingga menjadi Perda.

“Sebagai wujud tugas dan fungsi DPRD sebagaimana diamanatkan UU, maka saya selaku pimpinan dan segenap anggota DPR memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pansus yang telah menyelesaikan perda ini,”tutur Ketua DPR.

Lanjut Nasir Giasi, adapun 4 buah Perda tersebut telah difasilitasi oleh biro hukum Provinsi Gorontalo melalui surat nomor 180.342/Hukum-Org/1269 tangga; 29 April 2019, perihal penyampaian hasil fasilitas Perda.

“4 buah Perda ini adalah merupakan produk legislasi daerah tahun 2019, dimana masing-masing Raperda memiliki maksud dan tujuan serta kegunaanya,”terang Nasir.

“Khususnya menyikapi persoala-persoalan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Pohuwato.”sambung Nasir.

Nasir menjelasakan, muatan materi pasal akan disampaikan melalui laporan panitia khusus berdasarkan kajian baik filosofis, yuridis, sosiologis maupun ekonomis yang nantinya akan ditetapkan menjadi produk hukum atas kesepakatan bersama pemerintah daerah dengan DPRD Kabupaten Pohuwato.

“Perlu disampaikan pula, rapat paripurna pada hari ini dilaksanakan berdasarkan keputusan rapat badan musyawarah DPRD kabupaten Pohuwato pada tanggal 24 april 2019 yang telah menghasilkan 2 buah agenda penting,”jelas Nasir.

“Diantaranya papat Paripurna dalam rangka penyampaian nota pengantar laporan pemerintah daerah atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018 dan rapat Paripurna dalam rangka penetapan 4 bauah ranperda,”lanjut Nasir.(***TR).