Dr. Jan Samuel Maringka Dengan Sejuta Prestasi yang Dia Miliki | Kejati Sul-SelBar

oleh
Kejati Sul-SelBar pengganti Hidayatullah, Jan Samel Maringka

Lidik Makassar – Kini Dr. Jan S Maringka resmi menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sul-SelBar, sesuai apa yang di beritakan sebelum, Dr. Jan S Maringka di lantik Oleh Jaksa Agung RI, H. M. Prasetyo bersama 8 Pejabat kejati baru lainnya yang bertempat Di Aula Sasana Baharuddin Lopa, Gedung Utama Kejaksaan Agung RI. Rabu (22/02/2017)

Kejati Sul-SelBar pengganti Hidayatullah, Jan Samuel Maringka

Teryata Jan Maringka tak hanya menjabat sebagai kejati Sul-SelBar saja, tapi dia juga aktif dalam berbagai organisasi profesi dan menduduki beberapa jabatan strategis dalam  organsiasi tersebut

Jan Maringka Saat ini Menjabat sebagai ketua bidang kerja sama Organisasi Profesi dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat PJI, periode 2016- 2018 wakil ketua umum IKAL Lemhannas PPRA 53, 2015- 2020 dan Sekretaris Tim Terpadu Pemburu Pelaku Tindak Pidana dan Aset Hasil Kejahatan yang dibentuk oleh Menko Polhukam tahun 2015.

Bahkan Dalam forum internasional, dia dikenal sebagai figur penting dalam mengembangkan kerja sama hukum antar negara sebagai salah satu strategi dalam pemberantasan kejahatan trans nasional dan pemulihan aset hasil kejahatan

Dia juga Memiliki Beberapa karya ilmiah yang telah dipublikasikan melalui jurnal baik didalam maupun di luar negeri, karya ilmiah dalam bentuk buku telah diterbitkan berjudul “ Peran Jaksa dalam Sistim Peradilan Pidana di kawasan Asia Pasifik” ( Sinar Grafika, 2014) dan “ Eksistensi Kejaksaan dalam Konstitusi di berbagai negara (Sinar Grafika, 2015) serta Bunga Rampai Kejaksaan RI ( MaPPI –UI, 2015) .

Tak Hanya itu, Jan Maringka juga aktif sebagai pembicara dalam berbagai forum diskusi berbagai organisasi penegak hukum baik dalam negri maupun luar negeri seperti Persatuan Jaksa Indonesia (PJI), International Association of Prosecutors (IAP), International Association of Anti-Corruption Agencies (IAACA) dan lain sebagainya

Jan S Maringka juga kerap di dengar sebagai sosok perburu aset koruptor di luar negeri. dengan kepandaian bernegosiasi yang ia miliki, sehingga Tak Heran jika dirinya menyelesaikan beberapa kasus besar di Bangsa ini, Salah satu kasus yang pernah dia tangani yakni kasus korupsi bos Bank Harapan Sentosa, Hendra Rahardja. Jan ber­hasil melobi pemerintah Hongkong sehingga asetnya dapat dibekukan.

Jan Samuel Maringka lahir dan dibesarkan di Jakarta 11 Oktober 1963 adalah alumni FH UNKRIS – Jakarta (1988). masuk di Kejaksaan tahun 1989, dia mengawali karir sebagai Jaksa pada Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (1991).

Beberapa jabatan penting pernah diembannya yaitu Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan (2003), Atase Kejaksaan pada KJRI Hong Kong (2005), Kepala Bagian Kerja Sama Hukum Luar Negeri Kejaksaan Agung RI (2008), Kepala Kejaksaan Negeri Serang (2010) dan Asisten Umum Jaksa Agung RI (2012 ) serta Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan RI (2014). Maringka adalah Doktor di bidang Ilmu Hukum yang diraihnya di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 2015. (Berbagai Sumber)

Editor : Adhe