banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Dugaan Suap, KPK OTT Bupati Bogor Ade Yasin

Ade Yasin
Bupati Bogor Ade Yasin ||net

JAKARTA, SUARALIDIK – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Selasa (26/42022) hingga Rabu (27/4/2022) pagi. Operasi senyap KPK kali ini dilakukan di wilayah Jawa Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, dalam operasi itu Tim Penindakan KPK mengamankan beberapa pihak, termasuk Bupati Kabupaten Bogor yang kini dijabat oleh Ade Yasin.

banner 728x250

“Benar, tadi malam sampai 27/4/2022 pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya Bupati Kabupaten Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya,” kata Ali kepada wartawan, Rabu (27/4/2022).

Dugaan Suap

Ade Yasin, dan kawan-kawan diciduk lantaran diduga menerima suap. Ali tidak memperinci lebih detail suap apa yang diterima oleh Bupati Bogor tersebut.

“Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap,” katanya.

Hingga saat ini, lembaga antirasuah itu masih memeriksa pihak-pihak yang diamankan. KPK punya waktu 1×24 jam sejak diamankan untuk menetapkan status mereka.

KPK segera menentukan sikap atas hasil tangkap tangan dimaksud. Perkembangannya akan disampaikan lebih lanjut,” tandasnya.

Larang Gratifikasi

Sebelumnya, Ade Yasin menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk menerima gratifikasi Lebaran 2022.

SE Bupati Bogor Nomor 700/547-Inspektorat tersebut mengatur setiap ASN, pimpinan, dan karyawan BUMD dilarang melakukan permintaan, pemberian, serta penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan atau kewenangannya berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau pandemi COVID-19.

“Tindakan tersebut dapat menimbulkan konflik kepentingan, bertentangan dengan peraturan atau kode etik, dan memiliki risiko sanksi pidana,” kata Ade Yasin dikutip dari Antara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.