Dukung UMKM Sebagai Pilar Perekonomian Berbasis Keunggulan lokal, Ketum YAPINUS Janji Akan Buka Jalan Untuk Pasar Luar Negeri

oleh
Ketua Umum Yapinus
Ketua Umum YAPINUS, Firdaus Gigo Atawuwur S.Pd, M.Pd saat menyambangi pameran Produk UMKM pada perhelatan Unasman Great Expo II tahun 2018 di Polewali Mandar, Minggu (13/5)

Polman,suaralidik.com –Ketua Umum Yayasan Peduli Insani Nusantara (YAPINUS), Bapak Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM berjanji akan membuka jalan untuk dapat memasarkan produk unggulan daerah Sulawesi Barat, setelah menyambangi pameran Produk UMKM pada perhelatan Unasman Great Expo II tahun 2018 di Polewali Mandar, Minggu, 13 Mei 2018.
Acara yang berlangsung mulai tanggal 10 hingga 14 Mei 2018 tersebut menyajikan produk-produk unggulan daerah khususnya kelompok UMKM Kabupaten Polewali Mandar yang telah bermitra dengan Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN).

Beberapa produk unggulan yang menjadi perhatian Pak Firdaus diantaranya produk kerupuk gadung dan tortilla jagung dari Kelompok Wanita Tani Mekar Desa Kunyi Kecamatan Anreapi, kopi kemasan siap minum dari Komunitas P4S Basseang Kecamatan Matakali, serta abon ikan dari Desa Kenje, Kecamatan Campalagian. Ketua umum YAPINUS sekaligus penasehat Gubernur Sulbar

bidang kerjasama luar negeri tersebut menyampaikan kebanggaan dan keseriusannya dalam membantu produk unggulan daerah, khususnya di Sulawesi Barat.
“Melalui kerjasama antara Sulawesi Barat dan Negara Bagian Sabah Malaysia, saya kira UMKM di Sulbar akan kita dorong agar dalam waktu dekat mendapatkan pasar di Malaysia kemudian akan merambah ke Filipina dan beberapa Negara lainnya, ini butuh kerja keras dan dukungan bersama” Tandas Pak Firdaus saat diwawancarai di lokasi acara.

Pak Firdaus menambahkan bahwa Pasar akan terbuka lebar dengan adanya jalur pelayaran Internasional melalui pelabuhan Silopo di Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sehingga pengiriman barang akan lebih mudah dikontrol dan didistribusikan, tentunya segala regulasi terkait produk akan segera dikomunikasikan ke unsur terkait.

Di lain kesempatan, Ketua Panitia Kegiatan Unasman Great Expo, Bapak Akhmad Qashlim, S.Kom., M.Kom, menyampaikan bahwa tujuan pelibatan UMKM dalam kegiatan ini, sebagai bentuk kepedulian Unasman terhadap potensi produk unggulan lokal yang saat ini masih kurang dipromosikan.

“Kami memang sengaja menjadikan event ini untuk terbuka secara umum dan mengundang beberapa tokoh baik Unsur Pemerintah, Swasta, serta pihak Perbankan untuk hadir di acara Unasman Expo, hal ini diharapkan memberikan dampak juga bagi UMKM yang berpromosi di lokasi acara” Tandas Ketua Panitia.(***Basri)