Dusun Panang Kotabunan Diusulkan Mekar Menjadi Satu Desa

oleh
Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan ; Amin Musa SH

Boltim, Suaralidik. Com – Masyarakat Dusun V Panang Desa Kotabunan mengusulkan dusun Panang dimekarkan menjadi satu desa. Aspirasi tersebut sudah lama diidam-idamkan masyarakat Panang.

Mereka, warga dusun Panang, yang lokasinya berada dikawasan tambang, mengharapkan aspirasi itu mendapat perhatian oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Berdasarkan data kependudukan, dusun panang memiliki 200-an lebih jumlah penduduk dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 100 KK.

“Kami seratus KK yang ada disini sudah sepakat akan mengusulkan hal ini ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim untuk menjadikan lokasi panang sebagai desa,” kata Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kotabunan dihadapan sejumlah media belum lama.

Sementara, Pemda Boltim melalui Asissten I, Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Amin Musa memberikan tanggapanya bahwa, hal demikian tentu harus melalui beberapa persyaratan.

“Jika itu keinginan masyarakat tidak ada salahnya, namun pada umumnya kita mengikuti persyaratan yang berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah,” ungkapnya.

Menurutnya, desa pemekaran setelah disetujui belum langsung menjadi Desa definitif, namun masih berstatus desa persiapan selama tiga tahun.
“Jadi untuk panang nanti kita lihat apa dari jumlah KK sudah memenuhi peraturan, perundang – undangan, kemudian Desa Kotabunan induk termasuk sudah lama tidak masalah,” ujar Musa.

Ia menambahkan, pengusulan desa pemekaran yang lebih strategis kenapa itu dipertahankan sebaiknya tiga desa dimekarkan secara bersamaan.

“Agar supaya ketika itu terbentuk Buyat sudah menjadi Kecamatan sendiri. Sebab, sebelumnya, Buyat batal menjadi Kecamatan itu karena kekurangan tiga Desa. Akan lebih baik jika pengusulan dilakukan bersamaan,” tutup Musa. (***bob-rm/sube)