Eman Mangopa Meminta Ketua DPRD Segera Menindak Lanjuti Tuntutan AMMPD

oleh

Eman Mangopa Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo dari fraksi PKS, (foto istimewa).

Gorontalo, Suaralidik.com – Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Eman Mangopa meminta Ketua DPRD Sahmid Hemu untuk menindaklanjuti laporan Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Daerah (AMMPD) terkait permintaan panitian khusus (pansus) angket terhadap Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo.

Menurut Eman Mangopa, tuntutan masyarakat yang masuk kemeja ketua DPRD wajib ditindak lanjuti, namun hingga saat ini surat dari AMMPD belum ditindak lanjuti ketingkat pimpinan Fraksi.

“Seperti biasa setiap surat masuk ke DPRD akan ditindaklajuti ketingkat fraksi, tapi terkait surat AMMPD hingga saat ini belum ada,”tutur Aleg dari PKS.

Ia menegaskan, memunkinkan atau tidaknya pembentukan pansus angket akan dilihat dari perkembangan selanjutnya.

“Malasah angket menurut saya adalah hal yang biasa namun semua aspirasi harus kita tanggulangi, endingnya jadi atau tidaknya angket ini tergantung komunikasi politik kita yang ada di DPRD,”tegas Eman.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Sahmid Hemu menegaskan, sangat menghormati pernyataan beberapa pihak terkait persoalan angket, namun pihaknya tetap akan mengacu pada peraturan yang ada di Dewan itu sendiri.

“Dalam aturan tata tertip (tatip) Dewan, pengsulan hak angket diusulkan minimal 6 anggota dewan yang lebih dari 1 fraksi, pimpinan akan menindaklanjuti usulan tersebut kebadan musyawarah Dewan, itulah normatifnya,”papar Sahmid.

Untuk menindak lanjuti laporan AMMPD, sambung Sahmid, pihaknya segera akan melakuan kajian bersama komisi 1 dan mengundang beberapa instansi.

“DPRD akan mengambil langkah, dengan mengundang KPU, Bawaslu, dan pihak-pihak terkait sekaligus AMMPD akan melakukan diskusi bersama terkait laporan ini,”tutup Sahmit Hemu.(RDJ).