Festifal Pinisi, Peluncuran Kapal ‘Annyorong Lopi’ Tommy : Ini Menunjukkan Etos Kerja Masyarakat Bontobahari

oleh
Photo : Ritual annyorong Lopi atau peluncuran perahu bagian dari Festifal Pinisi

BULUKUMBA, Suaralidik.Com – Ritual Peluncuran Perahu atau ‘Annyorong Lopi’ dari rangkaian Festifal Pinisi, Kamis (13/9/2018) dibuka secara resmi oleh Wabup Ir Tommy Satria Julianto.
Turut hadir diacara peluncuran Kadis Pariwisata Sulsel Yulianus, Sekda Bulukumba Andi Bau Amal dan jajaran pejabat Pemkab Bulukumba.

Menurut Wabup Tommy Satria Julianto, Annyorong Lopi adalah kearifan lokal milik masyarakat Bulukumba, Bontobahari yang harua dilestarikan, dikembangkan.

Lebih lanjut mantan anggota Legidlatif Bulukumba itu, menguraikan bahwa Pinisi bukan hanya konstruksi kapal. Tapi disitu ada semua kearifan pengetahuan masyarakat Bontobahari.

“Kita sudah tahu bahwa pinisi Bontobahari sudah menantang semua lautan di dunia. Itu menandakan atau bukti pengetahuan lokal,”kata Tommy.

Wabup mengharapkan Pinisi dan segala kearifannya bisa berkembang di generasi muda yang datang. Apalagi, dunia sudah mengakui bahwa Pinisi berasal dari Bontobahari, Bulukumba.

“Ini harta tak benda. Patut dilakukan Penguatan ekonomi dan kita butuh semua stakeholder agar Sentra industri pinidi bisa dikembangkan. Annyorong lopi, adalah aset Bulukumba menjadi satu tradisi yg dipertahankan,”tutupnya.(***uga)