Festival Layang-Layang Nasional Bulukumba Accarita Segera Digelar, Buruan Daftar!

oleh

BULUKUMBA, Suaralidik.com – Kabar gembira bagi masyarakat pencinta layangan di Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Festival Layang-Layang Nasional akan digelar akhir Oktober 2017 ini.

Peserta Asal Riau Siap Ramaikan Festival Layang-Layang Bulukumba Accarita.
Peserta Asal Bali Siap Ramaikan Festival Layang-Layang Bulukumba Accarita.
Peserta Asal Makassar Siap Ramaikan Festival Layang-Layang Bulukumba Accarita.

Festival Layang-Layang Nasional ini digelar oleh Komunitas Bulukumba Accarita. Komunitas ini merupakan komunitas di group aplikasi WhatsApp Massanger yang khusus bercerita mengenai peristiwa, kejadian, atau polemik yang terjadi di Kabupaten bartajuk Butta Panrita Lopi (Bulukumba) ini.

Ketua panitia Akbar Abba mengatakan, kegiatan tersebut bekerjasama dengan dinas Pariwisata Bulukumba untuk mengeksplor destinasi wisata dengan lomba permainan klasik layang-layang.

“Untuk lokasinya nanti dipusatkan di pantai Bira dan tempat alternatif lain di pantai Lemo-Lemo dilihat dari situasi dan kondisi cuaca dan arah mata angin”. Ungkap Akbar kepada Suaralidik.com, Selasa (3/10/17).

Adapun maksud dan tujuan Festival Layang-Layang ini untuk melestarikan permainan budaya tradisional, sebagai media untuk mempromosikan keindahan destinasi wisata kabupaten Bulukumba, dan mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas masyarakat Bulukumba.

“Tujuan lainnya juga kita ingin meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat Bulukumba,” tambah Akbar.

Sementara untuk ketentuan peserta adalah sebagai berikut:

1. Peserta boleh mendaftarkan lebih dari satu layang-layang yang akan diperlombakan

2. Layang-layang yang akan dipertandingkan harus buatan dalam negeri dan terbaru (belum pernah dilombakan di tempat yang sama)

3. Peserta wajib mendaftar ulang dan mengambil nomor urut layang-layang 30 menit sebelum lomba di mulai

4. Layang-layang tidak boleh berbentuk/bergambar lambang partai politik, dan perusahaan

5. Layang-layang berbentuk dan atau bermotif (gambar) pinisi (khusus untuk peserta asal Bulukumba)

“Biaya pendaftaran untuk peserta nasional/Regional Rp. 150.000 dan untuk peserta lokal yang berasal dari Bulukumba itu sendiri hanya Rp. 100.000 untuk klasifikasi layang-layang tiga dimensi dan untuk layang-layang 2 dimensi atau biasa Rp. 50.000 serta partisipan di gratiskan untuk ikut meriahkan acara ini. Untuk lebih lengkapnya bisa hubungi saya di nomer 0852-3985-0772,” Tutup Akbar Abba.

Jika tak ada aral melintang, rencananya Festival Layang-Layang Nasional ini akan dihelat pada 31 Oktober sampai 01 November 2017 mendatang.

Bericara mengenai Kabupaten Bulukumba, daerah ini memang kaya akan sumber daya alam termasuk juga dengan destinasi wisata cukup menarik dan indah untuk dikunjungi mulai dari wisata budaya di kecamatan Kajang, wisata gunung di Kahayya kecamatan kindang hingga wisata laut yang banyak membentang di bagian timur kawasan ujung Sulawesi Selatan ini. (Ar/ )


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama