Gadis Mantan Peserta Uyo’ Anu’ Boltim Diduga Terkena DBD

oleh
Yuyun Potabuga

Boltim – suaralidik.com, Kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diduga telah menyerang salah satu warga Desa Tutuyan Dua, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), 24 Agustus 2018.

Yuyun Potabuga (18) yang sebelumnya telah mengikuti Lomba Uyo’ Anu’ Boltim 2017, malam tadi dilarikan ke Puskesmas Tutuyan pada pukul 21.00 WIB dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Ratatotok untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan, Eko Marsidi saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu informasi hasil cek Laboratorium pasien.

“Gejala DBD dan penyakit Tipes hampir sama, untuk itu kami tengah menunggu hasil laboratorium. Apabila pasien positif terkena DBD, kami akan segera melakukan penanggulangan,” ujarnya.

Ia pun menghimbau kepada khususnya masyarakat Boltim, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Lingkungan yang kotor, itu menjadi tempat perkembangbiakan penyakit. Salah satunya nyamuk yang senang mendiami tempat-tempat kotor dan lembab. Walaupun sering dilakukan fogging, namun dari masyarakat sendiri tidak menyadari bahaya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dengan membiarkan genangan air pada wadah terbuka seperti kaleng bekas yang terisi air, bak mandi yang jarang dibersihkan dan lain sebagainya. Itulah yang akan menjadi sarang nyamuk untuk bereproduksi,” jelas Marsidi.(***bob)