Galakkan Budi Baya Bawang Merah, Parepare Siap Bersaing

oleh

Lidik Parepare. Parepare ternyata mampu membudidayakan bawang merah yang tak kalah kualitasnya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Parepare Ir Hj Rostina Rahman MP, di Sela Aktifitasnya kepada Suara Lidik, Kamis (1/2/17) menuturkan harapannya dapat bersaing dengan daerah lain.

“Kita tentu berharap mampu bersaing dengan daerah daerah penghasil rempah yang ada di wilayah Sulsel” sebutnya.

“Kami sudah beberapa kali lakukan panen bawang merah, dan hasilnya sangat memuaskan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, selain budi daya bawang merah, pihaknya juga mulai menanam tanaman palawija, menurutnya, kedua tanaman yang selama ini tumbuh di Kabupaten Enrekang ternyata bisa juga tumbuh di Parepare. Mencoba tanaman bawang dan palawija dikarenakan tidak menghabiskan waktu yang lama seperti tanaman lainnya.

Ia berharap agar apa yang kami lakukan ini dapat merangsang minat masyarakat untuk bercocok tanam dan menepis bahwa bukan hanya daerah yang beriklim dingin seperti Enrekang bawang merah.

“hasilnya cukup memuaskan, pengerjaannya tidak terlalu repot, tapi hasilnya bisa melimpah” tambahnya.

Pemerintah Kota Parepare, belum lama ini, mencanangkan program aksi peduli pangan Tahun 2017 di areal kantor Dinas Ketahanan Pangan, Jl Jenderal Muh Yusuf, Selasa (24/1/).

“Ini sebagai wujud kepedulian Pemkot dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kota Parepare ini. Apalagi jajaran Pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan memang sedang gencar-gencarnya melakukan aksi peduli pangan yang dikoordinir Dewan Ketahanan Pangan dan melibatkan instansi terkait”, ujar Taufan di sela-sela sambutan pencanangan program aksi peduli pangan itu. (udn/ak**)