banner 728x250

Gelar Konsultasi Publik, Andi Ugi Ajak Masyarakat Bantaeng Terapkan Tanaman Organik

  • Bagikan
Konsultasi Publik
Konsultasi Publik anggota DPRD Sulsel,Hj.Andi Sugiarti Mangun Karim (Andi Ugi) tentang Ranperda sistem pertanian organik,Sabtu (04/09)||

BANTAENG, suaralidik.com – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Dra. Hj Andi Sugiarti Mangun Karim, M.Si (Andi Ugi) menggelar Konsultasi Publik tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Sulsel tentang Sistem Pertanian Organik.

Konsultasi Publik dihadiri Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng, Dra Hj. Rahmania, Ketua RAPI Wilayah XIII Bantaeng Jabal Arafah, tokoh tani, tokoh masyarakat,Ketua badan media dan penyebarluasan informasi DPN Lidik Pro (Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara) Andi Awal Todjenk serta masyarakat Kelurahan Letta, bertempat di Aula Hotel BM, Kelurahan Letta Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sabtu (04/09).

banner 728x250

Dalam sambutannya, Andi Ugi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh peserta yang telah menyempatkan dirinya hadir seperti Anggota Radio Antar Penduduk (RAPI) dan masyarakat yang basicnya adalah petani.

“Atas nama DPRD Provinsi Sulsel saya menghaturkan banyak terima kasih dengan kehadiran semua pihak dalam forum Konsultasi Publik Ranperda ini,” ujarnya.

Andi Ugi menyebutkan, dari hasil konsultasi publik ini diupayakan dapat masuk sebagai pertimbangan dalam pembahasan BapemPerda DPRD Sulsel untuk digodok. Selanjutnya dapat di implementasikan melalui penjabaran program Pemerintah Provinsi Sulsel nantinya.

Dikatakan rancang Ranperda Sistem Pertanian Organik, merupakan salah satu sektor utama dalam perkembangan perekonomian masyarakat Sulawesi Selatan.

Apalagi mayoritas masyarakat Sulsel khususnya di Bantaeng mata pencaharian penduduknya pada sektor pertanian.

Legislator yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Bantaeng ini  mengatakan dirinya bersama dengan teman-teman anggota DPRD Provinsi Sulsel Komisi D akan mengawal program ini untuk dilaksanakan, utamanya dalam usulan penganggaran.

“Saya dalam kapasitas anggota DPRD Provinsi Sulsel berupaya mengemban dan mengawal amanah rakyat termasuk menyampaikan berbagai program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dengan penerapan sistem pertanian organik ini nantinya dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tanpa merusak lingkungan,” terangnya.

Sistem Pertanian Organik

Kadis Ketahanan Pangan, Rahmaniar mengutarakan, sistem pertanian organik diakui mempunyai manfaat ekologis yang lebih bagus. Sistem ini mampu memperbaiki mutu lahan yang terdegradasi akibat penggunaan pupuk anorganik secara terus-menurus.

Sistem ini juga menghindarkan dampak kesehatan dan ekologis dari residu pestisida kimiawi, sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Lewat rancangan ini diharapkan akan banyak perubahan lebih baik, mulai dari sisi kesehatan juga kesejahteraan masyarakat akan meningkat serta lebih berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

“Sistem pertanian organik ini memiliki banyak keuntungan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Sistem organik juga banyak memiliki potensi produksi yang cukup tinggi. Selain itu, petani juga dapat  mempercepat pengolahan tanah,” ungkapnya.

Sementara itu ,Andi Awal dari DPN Lidik Pro mengapresiasi Andi Ugi yang rutin turun ke konstituen terkhusus di Bantaeng.

” Kalau ada anggota dewan dari daerahta tidak pernah berkunjung maka itu perlu dipertanyakan sebab dibutuhkan komitmen anggota dewan kepada rakyat sebagai bagian dari janji politik legislator, mari kita kawal semua aspirasi Andi Ugi untuk masyarakat Bantaeng,” ucapnya di sela-sela kegiatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *