Gelar Tes Urine, BNNK Nyatakan Seluruh Pejabat Eselon III Gorut Bebas Narkoba

oleh

Pelaksanaan tes urin oleh pihak BNNK Gorut,(foto humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Guna memastikan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Daerah (pemda) Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gorut lakukan tes urin kepada seluruh Pejabat Eselon III.

Tes urin ini dilakukan di Ruang Pola Kantor Bupati Gorut, Rabu 05/12/2018. Serta di ikuti seluruh pejabat eselon III di lingkungan Pemda Gorut, dan dinyatakan bebas narkoba oleh BNNK.

Deteksi narkoba ini dilakukan di sela-sela kegiatan pembinaan dan pengarahan Sekretaris Daerah (sekda) Ridwan Yasin MH terhadap pejabat administrator Eselon III.

Dalam sambutannya, Ridwan Yasin mengatakan tidak akan membahas lebih panjang terkait pembinaan itu.

“Intinya saya menegaskan kepada pejabat eselon III untuk lebih menunjukkan kinerja yang baik dan bertanggungjawab. Kenapa harus eselon III, sebab pejabat inilah yang nantinya berperan besar terhadap inovasi-inovasi ke depan dalam memajukan kabupaten ini,”ujar Sekda.

Ridwan juga menjelaskan, pelaksanaan tes urine yang dilakukan BNNK Gorut ini , tidak pernah direncanakan sebelumnya.

“Tes urine hari ini tidak kami rencanakan, awalnya saya mendampingi Kepala BNN Gorut saat melakukan tes urin bagi anggota TNI Brigif 22 Otamanasa. Melihat antusias dari anggota TNI itu, maka saya tertarik, bagaimana jika dilakukan mulai dari pejabat eselon III,” jelas Ridwan Yasin.

Sebelum, lanjut Sekda, memberikan sosialisasi terhadap bahaya narkoba kepada masyarakat, tentunya pemerintah harus memastikan terlebih dahulu aparaturnya, apakah bebas narkoba atau tidak.

“Kita harus menjadi pelopor atau contoh baik kepada masyarakat. Dan alhamdulillah setelah melakukan tes urine itu, seluruh pejabat yang hadir dinyatakan bebas narkoba,” kata Ridwan Yasin.

Ia juga mengakui, pejabat eselon III belum seluruhnya bisa ikut tes.
Terhitung dari 72 pejabat hanya 64 orang yang datang mengikuti tes urin tersebut.

“Alasan mereka yang tidak datang itu, setelah saya cek, ternyata mereka memang sedang keluar daerah untuk melaksanakan tugas yang memang tidak bisa ditinggalkan. Tidak ada kesengajaan tentunya,” tegas Ridwan Yasin.

Olehnya Sekda Gorut ini berpesan kepada seluruh pejabat, baik PNS maupun Non PNS untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Jauhi narkoba, itu bisa merusak masa depan. Dan jika memang ada pejabat yang dipastikan menjadi pengguna narkoba apalagi pengedar, tentunya akan dinonaktifkan jabatannya, sambil menunggu proses pemeriksaan,” tutup mantan Karo Hukum Pemprov Gorontalo,(***TR/03).