Gempa Berkekuatan 6,6 SR Terjadi di Bolsel, Warga Diminta Tenang

oleh -
Gempa mengguncang Bolmong Selatan, Sulawesi Utara

Bolsel, Suaralidik.Com – Warga Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/1/2020) dini hari dikagetkan dengan adanya gempa yang berkekuatan 6.6. Skala Richkte.

Gempa tersebut terpusat pada Kabulaten Bolaang Mongondow Selatan (BOLSEL) dan ini di rasakan daerah sekitar, mulai Kotamobagu, Bolmong dan Boltim. Pun begitu, getaran gempa itu turut dirasakan di Manado.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tektonik yang melanda Bolsel Senin (20/01/2019) dini hari terjadi pada pukul 00:58 Wita dan berpusat di koordinat 0.20 Lintang Selatan,123.89 Bujur Timur atau 64 km Barat Daya Kecamatan Bolaang Uki, Provinsi Sulawesi Utara, pada kedalaman 95 km, dan juga dirasakan hingga ke wilayah Luwuk,Bitung,Manado,Gorontalo, dan Kotamobagu.

Tim Media Centre BPBD Bolsel ketika dihubungi seusai gempa menyampaikan masyarakat Bolsel agar tetap waspada. Malam ini gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang Bolsel.

Meskipun tidak berpotensi Tsunami, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault), dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Diharapkan masyarakat agar tetap waspada, dan tetap tenang, jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, sambil berdo’a semoga daerah kita terhindar dari Bencana,”tutup Mahyudin Binol.(***Agus)

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60